ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER EDUCATOR MELALUI MEDIA LEMBAR BALIK DAN VIDEO DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEMENUHAN NUTRISI SEHAT DAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS VIII SMP SITI KHADIJAH PADANG TAHUN 2019

SUCI, INDAH PUTRI (2019) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE PEER EDUCATOR MELALUI MEDIA LEMBAR BALIK DAN VIDEO DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PEMENUHAN NUTRISI SEHAT DAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS VIII SMP SITI KHADIJAH PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Fulltext)
KARYA ILMIAH AKHIR FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Remaja memiliki kebiasaan yang buruk dalam pemenuhan nutrisi. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan gizi pada remaja. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja melalui pendidikan kesehatan menggunakan metode peer educator sebagai pendidik teman sebaya. Tujuan diberikannya intervensi keperawatan ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Siti Khadijah Padang untuk peningkatan pengetahuan dan sikap siswa dalam pemenuhan nutrisi sehat dengan gizi seimbang pada remaja dengan metode peer educator. Asuhan keperawatan dimulai pada tanggal 4 November – 30 November 2019. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner pre-test dan post-test. Pendidikan kesehatan ini diikuti oleh 25 orang siswa dari kelas VIII. Setelah diberikannya intervensi keperawatan didapatkan hasil peningkatan terhadap pengetahuan dan sikap yang dimiliki oleh siswa setelah diberikannya pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode peer educator yang dibuktikan dari hasil kuesioner post-test bahwa 84% siswa memiliki pengetahuan yang baik, dan 64% siswa memiliki sikap positif terhadap pemenuhan nutrisi sehat dengan gizi seimbang. Diharapkan sekolah dapat bekerja sama dengan pihak puskesmas bahwa pendidikan kesehatan menggunakan metode peer educator dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa dalam pemenuhan nutrisi sehat dengan gizi seimbang pada remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp, MPH
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan Nutrisi Sehat dengan Gizi Seimbang, Peer Educator
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2020 11:45
Last Modified: 13 Jan 2020 11:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/54299

Actions (login required)

View Item View Item