Analisis Manajemen Pemeliharaan dan Perawatan Gedung di Universitas Negeri Padang (Studi Kasus Gedung Pendidikan dan Perkantoran di Universitas Negeri Padang)

Budi Agus, Kombino and Benny, Hidayat and Taufika, Ophiyandri (2018) Analisis Manajemen Pemeliharaan dan Perawatan Gedung di Universitas Negeri Padang (Studi Kasus Gedung Pendidikan dan Perkantoran di Universitas Negeri Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Cover dan Abstrak-.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan)-.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
3. BAB akhir (Penutup dan Kesimpulan)-.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka-.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
5. Tugas Akhir utuh (full text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah hasil konversi IKIP Padang menjadi universitas, dimana pada awalnya bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Semenjak didirikan pada tanggal 1 September 1954, Universitas Negeri Padang (UNP) sudah mengalami banyak perubahan, terutama pada jumlah dan bentuk bangunan yang ada. Dengan perkembangan jumlah bangunan serta kerumitan bangunan yang ada, tentunya Universitas Negeri Padang memerlukan suatu sistem manajemen pemeliharaan dan perawatan gedung yang handal, serta yang tidak kalah pentingnya adalah Sumber Daya Manusia yang ada di Universitas Negeri Padang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai penerapan Permen PU nomor: 24/PRT/M/2008, tentang: Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung di Universitas Negeri Padang. Metoda yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah dengan metoda deskriptif melalui survey lapangan (kuesioner), wawancara, pengumpulan data skunder serta studi literatur. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pimpinan, pengelola, pelaksana, serta pengguna/mahasiswa yang ada pada Bangunan Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Padang, Gedung Utama Fakultas Ekonomi, Gedung Rektorat lama Universitas Negeri Padang, Laboratorium Kimia FMIPA, Gedung Kuliah Teknik Sipil dan Kolam Renang Universitas Negeri Padang. Sedangkan untuk pengolahan data, dilakukan dengan analisis deskriftif dan kuantitatif menggunakan program excel, kemudian ditampilkan dalam bentuk diangram batang. Hasil pengolahan data kuesioner yang telah dilakukan menunjukan bahwa tingkat penerapan terhadap Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor: 24/PRT/M/2008 di Universitas Negeri Padang berkisar antara 53,01 % - 74,50 % yaitu masuk dalam kategori cukup baik sampai dengan baik, namun setelah divalidasi dengan data pendukung lainnya seperti hasil observasi dilapangan serta wawancara dengan beberapa unsur pimpinan yang ada, penerapan peraturan yang telah dilaksanakan oleh Universitas Negeri Padang masuk dalam kategori kurang baik. Kata kunci : Permen PU No. 24/PRT/M/2008, pemeliharaan, perawatan, tingkat penerapan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Benny Hidayat, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 04 Nov 2019 11:59
Last Modified: 04 Nov 2019 11:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/53618

Actions (login required)

View Item View Item