PENGARUH PENERAPAN PRAKTIK INTERPROFESSIONAL EDUCATION TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU YANG MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL

Diana, Putri (2019) PENGARUH PENERAPAN PRAKTIK INTERPROFESSIONAL EDUCATION TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU YANG MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
watermark cover dan abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1 watermark.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab7)
bab 7 watermark.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
dapus watermark.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
all in ok WATERMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN PRAKTIK INTERPROFESSIONAL EDUCATION TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU YANG MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL Diana Putri Kelas ibu hamil adal ah bentuk pelayanan promotif dan preventif pada masa kehamilan, namun partisipasi ibu hamil dalam mengikuti kelas ibu hamil masih rendah. Partisipasi berhubungan erat dengan kepuasan. Untuk meningkatkan kepuasan dapat dilakukan melalui interprofessional collaboration dalam pelayanan kesehatan. Kolaborasi yang efektif dapat dibentuk melalui interprofessional education. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan praktik interprofessional education terhadap tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil. Desain penelitian ini yaitu quasy experimental dengan rancangan pretest – posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas kota Bukittinggi pada bulan Februari- Juli 2019 yang melibatkan 3 jenis profesi kesehatan yaitu bidan, ahli gizi dan dokter dalam IPE. Responden dalam penelitian ini yaitu ibu hamil yang mengikuti kelas ibu hamil sebanyak 76 orang yang terdiri dari 38 ibu hamil kontrol dan 38 ibu hamil intervensi. Kelompok intervensi adalah kelas ibu hamil berbasis IPE sedangkan kelompok kontrol adalah kelas ibu hamil konvensional (tanpa IPE). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Tingkat kepuasan diukur dengan melakukan wawancara langsung kepada responden. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil sebelum dan sesudah penerapan praktik interprofessional education pada kelompok intervensi dan terdapat perbedaan yang bermakna tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan p value 0,000 (p< 0,05) dan terdapat perbedaan yang bermakna tingkat kepuasan ibu hamil pada kelompok control dan intervensi dengan p value 0,000 (p<0,005). Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan praktik interprofessional education terhadap tingkat kepuasan ibu yang mengikuti kelas ibu hamil. Disarankan kepada tenaga kesehatan untuk dapat menerapkan IPE dalam pelaksanaan kelas ibu hamil. Kata kunci : IPE, kepuasan, kelas ibu hamil

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. MASRUL, Msc,SpGK
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 25 Oct 2019 17:12
Last Modified: 25 Oct 2019 17:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/52781

Actions (login required)

View Item View Item