Noviafni, Fitri Nilam (2025) ANALISIS TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF CALON GUBERNUR SUMATERA BARAT MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DI AKUN @OTEWESUMBAR. S2 thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (329kB) |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
|
Text (full Thesis text)
Thesis Fitri Nilam Noviafni_Compress.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah menjadikan media sosial, khususnya TikTok sebagai sarana utama dalam kampanye politik modern. Platform ini dimanfaatkan tidak hanya untuk membangun citra dan meningkatkan kepercayaan publik, tetapi juga sebagai alat komunikasi persuasif yang efektif dalam membentuk opini dan memengaruhi keputusan pemilih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh Epyardi Asda sebagai calon Gubernur Sumatera Barat periode 2024-2029 melalui akun TikTok resminya @otewesumbar, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme dan metode analisis isi. Fokus penelitian ini adalah untuk menganalisis tema dan pesan utama Epyardi Asda serta menganalisis teknik komunikasi persuasif Epyardi Asda dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat maju calon Pilgub Sumatera Barat. Hasil penelitian dari tema dan pesan utama menunjukkan bahwa penguatan dukungan politik berbasis nilai religius, kepedulian kemanusiaan, kedekatan dengan masyarakat, dan komitmen membawa perubahan strategis bagi Sumatera Barat melalui kepemimpinan yang tegas, jujur, serta berorientasi pada penanganan bencana, pembangunan daerah, dan silaturahmi budaya. Teknik komunikasi persuasif yang sering digunakan Epyardi Asda dalam membangun citra kepemimpinan dalam interaksi dengan masyarakat Sumatera Barat atas janji-janjinya untuk membangun kepercayaan dan meyakinkan masyarakat agar hak pilihnya digunakan mencoblos 02 adalah teknik asosiasi, dan paling sedikit menggunakan teknik red-herring.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Sarmiati, M.Si; Dr. Asmawi, MS |
| Uncontrolled Keywords: | Teknik Komunikasi Persuasif, Kampanye Politik, Pemilihan Gubernur |
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | S2 Ilmu Komunikasi |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 04:12 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:12 |
| URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/514058 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]
["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]