PENGALAMAN KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK MEMBANGUN KETERHUBUNGAN SPRITUAL DAN INTELEKTUAL (Studi Fenomenologi Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hidayah)

GILANG, AYRIL RAMADHAN (2025) PENGALAMAN KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ UNTUK MEMBANGUN KETERHUBUNGAN SPRITUAL DAN INTELEKTUAL (Studi Fenomenologi Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hidayah). S2 thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB AKHIR PENUTUP)
Bab akhir (Penutup Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (TESIS FULL)
Tesis Full.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Komunikasi guru dalam pembelajaran tahfidz memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan siswa, karena melalui komunikasi yang efektif, siswa lebih mudah memahami pesan dan tugas yang diberikan. Namun, dalam praktiknya, siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Hidayah cenderung mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran tahfidz. Hal ini disebabkan oleh rendahnya motivasi dan kurangnya dukungan yang diterima siswa dalam proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis makna esensial dari pengalaman komunikasi guru dalam pembelajaran tahfidz, khususnya dalam membangun keterhubungan spiritual dan intelektual antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru tahfidz, dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan pengalaman komunikasi guru dalam pembelajaran tahfiz di MIS Nurul Hidayah Padang yakni memberi motivasi dan apresiasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, menggunakan komunikasi nonverbal untuk membangun kepercayaan, mendengarkan dengan penuh perhatian, berempati dengan menghadirkan kenyamanan. Konsep yang muncul dari pengalaman komunikasi guru dalam pembelajaran tahfiz yaitu hubungan interpersonal yang hangat dan kompetensi komunikasi guru. Makna esensial dari pengalaman komunikasi guru tahfiz dalam membangun menciptakan keterhubungan secara spriritual dan intelektual adalah kedekatan sebagai bentuk pengajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Supervisors: DR.ELVA RONANING ROEM, M.Si
Uncontrolled Keywords: komunikasi guru, pembelajaran tahfidz, keterhubungan spiritual, keterhubungan intelektual, fenomenologi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: S2 Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:14
Last Modified: 04 Sep 2025 02:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/510880

Actions (login required)

View Item View Item