Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) dengan PIECES Framework di Puskesmas Kota Bukittinggi Tahun 2025

Huzri, Alfarel (2025) Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) dengan PIECES Framework di Puskesmas Kota Bukittinggi Tahun 2025. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB)
[img] Text (BAB VI (Kesimpulan))
BAB VI.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL ALFAREL HUZRI 2111211050.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan capaian pencatatan dan pelaporan data individu pada Aplikasi Sehat IndonesiaKu di Kota Bukittinggi tahun 2024 yang hanya mencapai 49,36% mengindikasikan adanya kendala penggunaan dan masalah kepuasan pengguna yang dinyatakan oleh beberapa pengguna lewat surwey awal yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna agar dapat memberikan rekomendasi untuk optimalisasi aplikasi di masa mendatang. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif deskriptif yang dilakukan di seluruh Puskesmas Kota Bukittinggi pada 1 Mei–30 Juni 2025. Sampel sebanyak 64 responden terdiri dari petugas dan kader, dengan teknik stratified random sampling. Analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata dan kerangka teori PIECES Framework. Perhitungan nilai rata-rata kepuasan pengguna Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) berdasarkan variabel Performance yaitu 3,746, information yaitu 3,968, economic yaitu 3,898, control yaitu 3,605, variabel efficiency yaitu 3,804 serta service yaitu 4,003. Berdasarkan skala kepuasan Kaplan dan Norton, seluruh variabel berada dalam kategori puas. Nilai tertinggi terdapat pada variabel service, sedangkan terendah pada control terutama terkait kestabilan aplikasi dan alur pelaporan masalah. Diperlukan langkah pengembangan server dan penambahan fitur pendukung untuk meningkatkan kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Shelvy Haria Roza, S.K.M., M.Kes; Christiana Tuty Ernawati, S.K.M., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna; Aplikasi Sehat IndonesiaKu; PIECES Framework
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:50
Last Modified: 21 Aug 2025 01:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/503762

Actions (login required)

View Item View Item