Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ide Bunuh Diri Pada Remaja Di SMAN 10 Kota Padang

Wulandari, Sri Monica (2025) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ide Bunuh Diri Pada Remaja Di SMAN 10 Kota Padang. S1 thesis, Universitas Andals.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (820kB)
[img] Text (BAB VII (Kesimpulan))
Bab VII (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (840kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Bunuh diri menjadi penyebab utama kematian keempat dikalangan remaja usia 15-19 tahun secara global. Beberapa faktor pemicu munculnya ide bunuh diri pada remaja yaitu stres akademik, bullying, dan depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang Memengaruhi ide bunuh diri pada remaja di SMAN 10 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di SMAN 10 Kota Padang pada bulan September 2024 hingga Juni 2025. Jumlah sampel 262 remaja dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Beck Scale for Suicide Ideation (BSS) untuk ide bunuh diri, The Perception of Academic Stress Scale (PASS) untuk stress akademik, Adolesscent Peer Relations Instrumen (APRI) untuk bullying, dan Depression Anxiety Stress Scale-10 (DASS-10) untuk depresi. Analisis data dilakukan dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar (80,2%) responden memiliki ide bunuh diri rendah, sebagian besar (90,5%) memiliki stres akademik sedang, lebih dari setengahnya (58,8%) menjadi korban bullying, dan sebagian kecil (13,4%) mengalami depresi ringan. Hasil uji statistik didapatkan terdapat hubungan signifikan antara stres akademik, bullying, dan depresi dengan ide bunuh diri (p-value = 0,001). Disarankan agar sekolah dapat menyesuaikan beban tugas, memberikan bimbingan akademik secara berkala, serta menciptakan suasana belajar yang suportif dan tidak menekan siswanya.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep., Sp.Kep.J; Ns. Windy Freska, M. Kep
Uncontrolled Keywords: Ide Bunuh Diri; Remaja; Stres Akademik; Bullying; dan Depresi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 17 Jun 2025 08:58
Last Modified: 17 Jun 2025 08:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/497779

Actions (login required)

View Item View Item