Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Konsumsi Tablet Tambah Darah sebagai Upaya Pencegahan Anemia di SMAN 16 Padang

Zainal, Annisa Rahmah (2025) Pengaruh Peer Education terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Konsumsi Tablet Tambah Darah sebagai Upaya Pencegahan Anemia di SMAN 16 Padang. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_.pdf - Published Version

Download (856kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan_.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7 Penutup_.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_.pdf

Download (163kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anemia merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami oleh remaja putri dengan jumlah kasus mencapai 40-88% dari 1,2 miliar jiwa. Masalah ini terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan sikap remaja terhadap pencegahan anemia. Peer education menjadi salah satu cara dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dalam konsumsi tablet tambah darah sebagai upaya pencegahan anemia. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment dengan pretest-posttest with control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 72 orang terdiri dari 36 kelompok intervensi dan 36 kelompok kontrol dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Kelompok intervensi diberikan peer education serta media edukasi berupa leaflet dan video sedangkan pada kelompok kontrol hanya diberikan leaflet dan video. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan dan sikap. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kedua kelompok dan terdapat pengaruh peer education terhadap perubahan pengetahuan p-value 0,0001 dan sikap p-value 0,002. Peer education efektif mempengaruhi pengetahuan dan sikap remaja dalam konsumsi tablet tambah darah. Diharapkan tenaga kesehatan mengoptimalkan peer education sebagai strategi promosi kesehatan dengan melibatkan remaja sebagai edukator sebaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap terkait konsumsi tablet tambah darah.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Ns. Lili Fajria, S.Kep., M.Biomed; Ns.Yelly Herien, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Anemia; Tablet Tambah Darah; Peer Education; Pengetahuan; Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Apr 2025 01:26
Last Modified: 28 Apr 2025 01:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494631

Actions (login required)

View Item View Item