STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK BALADO 4x7 DI KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG

Maulana, Jesika (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK BALADO 4x7 DI KECAMATAN PADANG BARAT KOTA PADANG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak - Copy.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan - Copy.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup - Copy - Copy.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Usaha Ke$ripik Balado 4x7 te$lah be$rdiri se$jak tahun 1970, namun be$lum mampu me$nguasai pasar di Kota Padang akibat lokasi yang kurang strate$gis, me$ningkatnya pe$rsaingan, dan be$rbagai ke$ndala lainnya. Pe$ne$litian ini be$rtujuan untuk Me$ngide$ntifikasi faktor inte$rnal dan e$kste$rnal yang me$mpe$ngaruhi pe$nge$mbangan usaha, se$rta me$rumuskan strate$gi pe$nge$mbangan usaha Ke$ripik Balado 4x7 di Ke$camatan Padang Barat Kota Padang. Me$tode$ pe$ne$litian yang digunakan adalah studi kasus de$ngan pe$nde$katan de$skriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan me$lalui obse$rvasi se$rta wawancara de$ngan pe$milik usaha, karyawan, pe$masok, dinas Kope$rasi dan UMKM, se$rta pe$saing. Re$sponde$n pe$ne$litian be$rjumlah 10 orang yang pe$rnah me$ngonsumsi produk ini. Analisis dilakukan me$nggunakan me$tode$ IFE$, E$FE$, IE$, SWOT dan QSPM. Hasil pe$ne$litian me$nunjukkan bahwa Ke$ripik Balado 4x7 me$miliki ke$kuatan dalam me$re$k yang cukup dike$nal, te$tapi me$ngalami ke$le$mahan dalam lokasi usaha yang kurang strate$gis. Pe$luang usaha muncul dari tre$n masyarakat yang ge$mar me$mbe$li ole$h-ole$h, se$me$ntara ancaman utama be$rasal dari pe$rsaingan kompe$titor se$je$nis dan le$galitas usaha yang be$lum maksimal. Strate$gi yang dirumuskan me$liputi: (1) Me$rancang promosi te$rstruktur untuk me$ningkatkan pe$njualan, (2) Me$ningkatkan kualitas layanan de$ngan me$nambah karyawan dan me$lakukan e$valuasi kine$rja rutin, (3) Me$manfaatkan me$dia sosial dan layanan online$ se$rta me$nambah lokasi usaha yang strate$gis, (4) Me$ningkatkan le$galitas usaha de$ngan me$njaga HAKI, me$nge$lola logo, dan me$re$ncanakan modal jangka panjang pe$nde$k untuk ke$butuhan me$nde$sak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:53
Last Modified: 17 Apr 2025 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/494443

Actions (login required)

View Item View Item