Intan, Permata Sari (2025) IMPLEMENTASI HUMAS DIGITAL PT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI SUMATERA BARAT DALAM MENYEBARKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK MELALUI INSTAGRAM @PLNSUMBAR. S1 thesis, Universitas Andalas.
![]() |
Text (cover&abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (438kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version Download (374kB) |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version Download (344kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Dafpus.pdf - Published Version Download (361kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI INTAN PERMATA SARI)
SKRIPSI INTAN PERMATA SARI - 2025.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penyebaran informasi kepada publik merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan humas pada instansi perusahaan. Kegiatan penyebaran informasi kepada publik merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat kepada masyarakat sebagai penerima informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan informasi dan mendeskripsikan upaya humas digital yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat dalam menyebarkan informasi kepada publik melalui media sosial instagram @plnsumbar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori excellence oleh James Grunig dan Hunt untuk melihat arah komunikasi yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat dalam menyebarkan informasi publik. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan informasi yang dilakukan Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat menghasilkan output yang dikemas dalam bentuk konten yang dimuat dalam media sosial instagram setelah melalui proses perencanaan, penjadwalan, produksi, pengunggahan serta monitoring dan evaluasi. Hal tersebut didukung dengan upaya humas mengimplementasikan informasi kepada publik melalui berbagai kegiatan eksternal seperti, menggaet influencer, membangun jaringan komunikasi dengan media massa, dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Revi Marta, M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Humas, Instagram, Teori Excellence, PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 02:07 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 02:07 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |