IMPLEMENTASI HUMAS DIGITAL PT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI SUMATERA BARAT DALAM MENYEBARKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK MELALUI INSTAGRAM @PLNSUMBAR

Intan, Permata Sari (2025) IMPLEMENTASI HUMAS DIGITAL PT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI SUMATERA BARAT DALAM MENYEBARKAN INFORMASI KEPADA PUBLIK MELALUI INSTAGRAM @PLNSUMBAR. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dafpus.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (SKRIPSI INTAN PERMATA SARI)
SKRIPSI INTAN PERMATA SARI - 2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyebaran informasi kepada publik merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan humas pada instansi perusahaan. Kegiatan penyebaran informasi kepada publik merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat kepada masyarakat sebagai penerima informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan informasi dan mendeskripsikan upaya humas digital yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat dalam menyebarkan informasi kepada publik melalui media sosial instagram @plnsumbar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori excellence oleh James Grunig dan Hunt untuk melihat arah komunikasi yang dilakukan oleh Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat dalam menyebarkan informasi publik. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan informasi yang dilakukan Humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat menghasilkan output yang dikemas dalam bentuk konten yang dimuat dalam media sosial instagram setelah melalui proses perencanaan, penjadwalan, produksi, pengunggahan serta monitoring dan evaluasi. Hal tersebut didukung dengan upaya humas mengimplementasikan informasi kepada publik melalui berbagai kegiatan eksternal seperti, menggaet influencer, membangun jaringan komunikasi dengan media massa, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Revi Marta, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Humas, Instagram, Teori Excellence, PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:07
Last Modified: 14 Apr 2025 02:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/491426

Actions (login required)

View Item View Item