Rahmanita, Armon (2024) Gambaran Perceived Organizational Support Pada Karyawan PT.X. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (70kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (BAB Akhir)
BAB V.pdf - Published Version Download (35kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (File Tugas Akhir)
SKRIPSI_Rahmanita Armon (3).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam sebuah perusahaan terdapat fenomena permasalahan yang sering muncul, yang mana organisasi harus dapat mempertahankan karyawannya agar tidak terjadi turnover. Sehingga pengelolaan SDM menjadi faktor penentu agar organisasi dapat terus berkembang dan mempertahankan keberlangsungan hidupnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan agar tidak terjadi turnover adalah dengan memberikan dukungan terhadap karyawannya agar memiliki persepsi positif. Persepsi karyawan mengenai sejauh mana organisasi menghargai kontribusi mereka dan peduli terhadap kesejahteraan dirinya, sehingga dukungan yang dirasakan itu dibalas dengan loyalitas, peningkatan kinerja, dan komitmen disebut sebagai Perceived Organizational Support (POS). Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh gambaran perceived organizational support pada karyawan PT.X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan bantuan aplikasi Statistick Package for Social Science (SPSS) 27.0 for windows. Responden penelitian ini merupakan karyawan PT.X dengan jumlah partisipan sebesar 210 orang, sampel diperoleh dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat ukur Survey Perceived Organizational Support (SPOS) yang disusun oleh Eisenberger et al., (1986) yang terdiri dari 36 aitem. Reliabilitas skala Survey Perceived Organizational Support (SPOS) sebesar .887. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan nilai mean yang signifikan dari ketiga antesedennya. Karyawan merasa lebih didukung perusahaan pada anteseden supervisor support, namun masih terdapat hal-hal yang perlu ditingkatkan perusahaan untuk meningkatkan POS pada karyawan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Amatul Firdausa Nasa, M.Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Perceived Organizational Support, Karyawan, Perusahaan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:30 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/485747 |
Actions (login required)
View Item |