Lania, Nur Azizah (2024) Pengaruh Academic Self-Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Tahun Keempat Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan) - Copy.pdf - Published Version Download (163kB) |
|
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version Download (20kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (108kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada tahun keempat perkuliahan, mahasiswa pendidikan dokter dihadapkan dengan berbagai tuntutan akademik yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Tuntutan akademik yang ada dapat menyebabkan mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat mengalami academic burnout. Salah satu faktor yang mempengaruhi academic burnout adalah academic self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh academic self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat di Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 152 mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat di Universitas Andalas. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Academic self-efficacy diukur menggunakan skala The Academic Self-Efficacy Scale (α = .842) yang telah dimodifikasi, dan academic burnout diukur menggunkan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (α = .860) yang telah diadaptasi oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai p = .001 (p < .05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan academic self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat Universitas Andalas. Semakin tinggi academic self-efficacy yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat, maka semakin rendah academic burnout yang dimiliki, dan begitu pula sebaliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Supervisors: | Meria Susanti, M.Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | academic burnout, academic self-efficacy, mahasiswa pendidikan dokter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi |
Depositing User: | S1 Psikologi Psikologi |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:27 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/485743 |
Actions (login required)
View Item |