Pengaruh Academic Self-Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Tahun Keempat Universitas Andalas

Lania, Nur Azizah (2024) Pengaruh Academic Self-Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Tahun Keempat Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan) - Copy.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (20kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun keempat perkuliahan, mahasiswa pendidikan dokter dihadapkan dengan berbagai tuntutan akademik yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Tuntutan akademik yang ada dapat menyebabkan mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat mengalami academic burnout. Salah satu faktor yang mempengaruhi academic burnout adalah academic self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh academic self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat di Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Responden pada penelitian ini berjumlah 152 mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat di Universitas Andalas. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Academic self-efficacy diukur menggunakan skala The Academic Self-Efficacy Scale (α = .842) yang telah dimodifikasi, dan academic burnout diukur menggunkan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (α = .860) yang telah diadaptasi oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai p = .001 (p < .05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan academic self-efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat Universitas Andalas. Semakin tinggi academic self-efficacy yang dimiliki oleh mahasiswa pendidikan dokter tahun keempat, maka semakin rendah academic burnout yang dimiliki, dan begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Meria Susanti, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: academic burnout, academic self-efficacy, mahasiswa pendidikan dokter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:27
Last Modified: 17 Jan 2025 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/485743

Actions (login required)

View Item View Item