PENGARUH HUBUNGAN SOSIAL PENJUAL DAN PEMBELI TERHADAP HARGA TERNAK SAPI DAN KERBAU DALAM TRADISI MAROSOK DI PASAR TERNAK KUMANIS KABUPATEN SIJUNJUNG

Aur Bahari, Vajri (2024) PENGARUH HUBUNGAN SOSIAL PENJUAL DAN PEMBELI TERHADAP HARGA TERNAK SAPI DAN KERBAU DALAM TRADISI MAROSOK DI PASAR TERNAK KUMANIS KABUPATEN SIJUNJUNG. S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak Vajri.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Vajri.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5 Vajri.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka Vajri.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full Skripsi Vajri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh hubugan sosial antara penjual dan pembeli terhadap harga ternak yang di tawarkan dalam tradisi marosok di pasar ternak Kumanis. Penelitian ini dilakukan di pasa ternak Kumanis pada bulan November 2023. Metode yang dilakukan adalah metode survey dengan observasi menggunakan daftar pertanyaan, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode yang dilakukan untuk penentuan sampel pada penelitian ini yaitu Snowball sampling. Hubungan sosial dalam penelitian ini yaitu hubungan sosial antara penjual dan pembeli berupa keluarga, tetangga, teman dan rekan kerja, serta tingkat harga dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu tinggi, sedang dan rendah. Data diolah menggunakan analisis Somers’d dengan menggunakan software SPSS 21.0. Berdasarkan hasil pengujian dapat dilihat bahwa terdapat korelasi antara hubungan sosial terhadap harga ternak yang ditawarkan penjual dalam tradisi marosok dengan nilai 0,001 dimana (0,001 < 0,05) berarti signifikan. Untuk nilai koefisien korelasi variabel hubungan sosial diperoleh nilai sebesar 0,569 dan pada variabel tingkat harga diperoleh nilai 0,432 nilai ini menunjukan kekuatan hubungan sedang. Dapat dilihat dari hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, bahwa dari keseluruhan transaksi antara penjual dan pembeli yang memiliki hubungan sosial keluarga keseluruhan harga yang di tawarkan rendah. Harga tinggi hanya muncul pada transaksi antara penjual dan pembeli yang memiliki hubungan sosial berupa rekan kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Fitrimawati, S. Pt, M. Si
Uncontrolled Keywords: Hubungan Sosial, Marosok,Penjual dan Pembeli
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:39
Last Modified: 11 Nov 2024 02:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/482842

Actions (login required)

View Item View Item