MEDIA RELATIONS DALAM MENJAGA REPUTASI INSTANSI (Studi Kasus pada Bidhumas Kepolisian Daerah Sumatera Barat)

Maharani, Selvia (2024) MEDIA RELATIONS DALAM MENJAGA REPUTASI INSTANSI (Studi Kasus pada Bidhumas Kepolisian Daerah Sumatera Barat). S1 thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (Full Text Skripsi - Selvia M)
Full Text Skripsi - Selvia M.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Media relations merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh humas dalam menjalin hubungan dengan media massa untuk mempermudah proses penyebaran informasi. Dalam beberapa kondisi seperti yang terjadi pada Kepolisian Daerah Sumatera Barat, banyak berita negatif yang tersebar dan berdampak pada reputasi yang dimiliki Polda Sumbar. Bidhumas Polda Sumbar sebagai pelaksana media relations melalui Subbid Penerangan Masyarakat melakukan berbagai komunikasi media relations guna tercapai hubungan baik dengan media massa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media relations yang dilakukan oleh Polda Sumbar dalam menjaga reputasi dan mengidentifikasi strategi media relations Polda Sumbar dalam menjaga reputasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan informan dilakukan melalui teknik purposive sampling. Teori yang digunakan adalah Excellence in Public Relations theory oleh J.E Grunig untuk melihat hubungan seperti apa yang terjalin antara Polda Sumbar dan media massa. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi media relations yang dilakukan oleh Polda Sumbar Polda Sumbar dalam menjaga reputasi melalui beberapa aktivitas, yaitu dengan pembagian informasi melalui press conference, penggunaan grup WhatsApp sebagai saluran komunikasi, memfasilitasi verifikasi informasi, dan kopi darat sebagai jembatan komunikasi. Strategi media relations yang dilakukan oleh Bidhumas Polda Sumbar dalam menjaga reputasi dengan beberapa langkah, di antaranya memberikan pelayanan prima kepada media massa, membangun hubungan proaktif dan dengan media massa, dan melakukan Pantau, Ulas, dan Penyesuaian (PUP) sebagai siklus berkelanjutan kemitraan di Polda Sumbar.

Item Type: Thesis (S1)
Supervisors: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Media Relations, Polda Sumbar, Reputasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 31 Oct 2024 08:59
Last Modified: 31 Oct 2024 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/480974

Actions (login required)

View Item View Item