Dinda, Ardesti Maharani (2024) Pengaruh Media Sosial Tiktok Sebagai Media Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa Kelas X SMAN 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (507kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (377kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (373kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (456kB) |
|
Text (Full Text Skripsi)
FullTextSkripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut pada remaja di Indonesia masih cukup tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku remaja melalui jejaring sosial TikTok. TikTok diketahui sebagai aplikasi paling banyak di unduh saat ini. Sehingga dapat dijadikan kesempatan untuk memberikan edukasi melalui media TikTok. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial TikTok sebagai media edukasi terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas X SMAN 1 Padang. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pre test post test design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 88 siswa, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah probability sampling dengan proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner pengetahuan tentang gigi dan mulut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji paired t-test untuk melihat pengaruh penggunaan media sosial sebagai media edukasi dan uji chi-square untuk melihat hubungan pengetahuan dengan jenis kelamin. Hasil: Terdapat peningkatan sebesar 59,1% pengetahuan responden. Tidak terdapat hubungan signifikan antara jenis kelamin dengan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut (p-value>0,05). Hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai dengan p-value 0,000 (<0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan pre test dan post test mengenai pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Kesimpulan: Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa siswi kelas X SMAN 1 Padang setelah diberikan edukasi kesehatan gigi dan mulut melalui TikTok mengalami peningkatan yang signifikan dan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan jenis kelamin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. drg. Lendrawati, MDSc |
Uncontrolled Keywords: | TikTok, Kesehatan Gigi dan Mulut, Edukasi. |
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi |
Depositing User: | s1 pendidikan dokter gigi |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:34 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/470578 |
Actions (login required)
View Item |