Penerapan Business Intelligence dan Prescriptive Analytics Untuk Data Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Pada Dinas Kesehatan di Kota Pekanbaru

Reysha, Irsyalina (2024) Penerapan Business Intelligence dan Prescriptive Analytics Untuk Data Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Pada Dinas Kesehatan di Kota Pekanbaru. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Laporan Full Text)
LAPORAN FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru bertanggung jawab atas pengurusan semua aspek kesehatan dalam lingkup pemerintahan. Salah satu fokus utamanya adalah melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap mutu layanan kesehatan dasar dan rujukan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap standar pengukuran dan pelaporan indikator mutu. Namun, pengolahan data di dinas tersebut masih terbatas, sehingga tidak memungkinkan untuk memanfaatkan data secara optimal. Proses analisis dilakukan secara manual setelah mengunduh laporan dari aplikasi Mutufasyankes dalam format excel. Keterbatasan ini menyebabkan proses analisis kualitas layanan kesehatan dari data indikator nasional mutu rumah sakit membutuhkan waktu yang lama, karena memerlukan pengolahan manual data dari rekapitulasi laporan rumah sakit setiap bulan. Hasil analisis pada laporan kinerja juga tidak seragam, sehingga menyebabkan perbedaan pernyataan dalam rencana tindak lanjut. Maka dibutuhkan Business Intelligence dan Prescriptive Analytics yang membantu proses pengambilan keputusan di Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dengan mengolah data dan menampilkan informasi pada dashboard. Metode yang digunakan seperti observasi, wawancara, analisis dokumen, studi literatur dan fase Roadmap BI yang terdiri dari tahap justification, planning, business analysis, design dan construction. Hasil penelitian berupa dashboard yang terdiri dari dashboard informasi umum, dashboard monitoring, dashboard evaluasi, dashboard analisa capaian, dan dashboard clustering. Hasil pengujian yang dilakukan dengan metode user acceptance test (UAT) menunjukkan tingkat penerimaan responden yang sangat tinggi, sebesar 90%. Penggunaan business intelligence dapat membantu proses pengambilan keputusan di Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dengan menggunakan data indikator nasional mutu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmatika Pratama Santi, M.T
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence, Dashboard, Prescriptive Analytics, Clustering, Microsoft Power BI, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 14 May 2024 08:13
Last Modified: 14 May 2024 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/466476

Actions (login required)

View Item View Item