Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Cabai Merah Lokal Pada Konsumen Rumah Tangga (Studi Kasus: Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang Pesisir Selatan)

Hafifah, Dwi Yulma Putri (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Cabai Merah Lokal Pada Konsumen Rumah Tangga (Studi Kasus: Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Bab V. Kesimpulan dan saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik konsumen rumah tangga cabai merah lokal di Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan cabai merah lokal pada konsumen rumah tangga di Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang, dan (3) menganalisis elastisitas permintaan cabai merah lokal pada konsumen rumah tangga di Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Responden dalam penelitian ini berjumlah 83 orang, menggunakan metode purposive sampling. Analisis data merupakan analisis regresi berganda dengan model log-log dengan bantuan sofware SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik konsumen rumah tangga cabai merah lokal di Nagari Pasar Baru Kecamatan Bayang mayoritas berusia 46-55 tahun, mayoritas pendidikan SMA/Sederajat, dan bekerja sebagai ibu rumah tangga. Adapun pendapatan keluarga paling dominan sebesar Rp. 3.100.000 sampai Rp. 4.000.000 setiap bulannya. Mayoritas rumah tangga memiliki jumlah anggota sebanyak empat sampai lima orang (2) Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap permintaan cabai merah lokal yaitu variabel jumlah anggota keluarga, pendapatan keluarga dan selera. Sedangkan variabel harga cabai merah lokal, harga bawang merah, harga cabai jawa, dan usia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan cabai merah lokal (3) Elastisitas harga cabai merah lokal bersifat inelastis dengan nilai elastisitas -0,625. Elastisitas silang harga bawang merah merupakan barang komplementer dengan nilai positif yaitu 0,090, dan elastisitas silang harga cabai jawa merupakan barang substitusi dengan nilai positif yaitu 0,274. Elastisitas pendapatan sebesar 0,229 menunjukkan bahwa hubungan antara pendapatan dan permintaan cabai merah lokal berbanding lurus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Rahmat Syahni Z, M.S, M.Sc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Cabai Merah Lokal, flexible harga, Permintaan pasar , karater konsumen rumah tangga
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 02 Mar 2024 03:12
Last Modified: 02 Mar 2024 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/465193

Actions (login required)

View Item View Item