Trina, Yulita (2024) ANALISIS GAYA BAHASA DALAM ALBUM AO NO KOKEI KARYA MOTOHIRO HATA TINJAUAN SEMANTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (COVER ABSTRAK)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (811kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1 .pdf - Published Version Download (341kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Download (101kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version Download (345kB) |
|
Text (FULL)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kajian pada penelitian ini mengenai analisis gaya bahasa dan makna yang terkandung dalam lirik lagu album Ao No Kokei karya Motohiro Hata. Gaya bahasa merupakan suatu bentuk ekpresi seseorang yang disampaikan melalui bahasa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dan teknik sadap. Metode untuk menganalisis data adalah metode padan dan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP), selanjutnya pada penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Teori yang dipakai pada penelitian ini menggunakan teori gaya bahasa menurut Seto (2002) dan teori makna oleh Leech (1981). Hasil yang diperoleh pada penelitian ini ditemukan lima jenis gaya bahasa, yaitu gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa simile, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa tautologi dan gaya bahasa pertanyaan retorikal. Kemudian ditemukan makna konotatif berdasarkan teori Leech pada gaya bahasa yang terdapat dalam Ao No Kokei karya Motohiro Hata. Kata kunci: Semantik, gaya bahasa, retorika makna, album Ao No Kokei, Motohiro Hata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | melda Indah Lestari, S.S., M.Hum |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang |
Depositing User: | s1 sastra jepang |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 02:54 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 02:54 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464967 |
Actions (login required)
View Item |