PERSONAL BRANDING ADIPATI FOZAN SEBAGAI TRAVEL INFLUENCER MINANGKABAU MELALUI INSTAGRAM

Berliana, Agesti (2024) PERSONAL BRANDING ADIPATI FOZAN SEBAGAI TRAVEL INFLUENCER MINANGKABAU MELALUI INSTAGRAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pembentukan personal branding seorang influencer yang aktif membagikan konten pariwisata di platform media sosial, khususnya di Instagram. Fokus penelitian ditujukan pada akun Instagram @adipatifozan yang dikelola oleh Adipati Fozan, seorang travel influencer Minangkabau. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data unggahan konten Adipati Fozan serta data yang diperoleh dari wawancara dengan beberapa informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adipati Fozan berhasil membangun personal branding yang kuat dengan fokus pada bidang traveling. Melalui konten yang menarik dan informatif, Adipati Fozan berhasil memperkuat identitasnya sebagai seorang traveler yang berpengalaman dan berpengetahuan di bidang pariwisata. Selain itu, keterlibatan yang aktif dengan pengikutnya juga turut mendukung pembentukan personal branding-nya. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa kesuksesan personal branding Adipati Fozan tidak hanya terbentuk melalui konten yang dibagikannya, tetapi juga oleh konsistensi dan kualitas interkasi yang dibangun dengan pengikutnya. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya memperhatikan elemen-elemen tersebut dalam strategi pembentukan personal branding bagi para influencer di platform media sosial. Pada penelitian ini juga membahas terkait kesuksesan personal branding Adipati Fozan yang juga berkontribusi terhadap promosi pariwisata Minangkabau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, M.A
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Travel Influencer, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:31
Last Modified: 01 Mar 2024 02:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/464796

Actions (login required)

View Item View Item