Optimalisasi Operasional Bus Kampus UNAND Untuk Menyinergikan Dengan Bus Trans Padang Koridor VI

Aqwaam, Muhammad Hudan (2023) Optimalisasi Operasional Bus Kampus UNAND Untuk Menyinergikan Dengan Bus Trans Padang Koridor VI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak_Muhammad Hudan Aqwaam.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (bab 1)
2. BAB 1_Muhammad Hudan Aqwaam.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB 5)
3. BAB Akhir_Muhammad Hudan Aqwaam.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Full Text)
5. Tugas Akhir Utuh_Muhammad Hudan Aqwaam.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Universitas Andalas adalah salah satu universitas di Indonesia yang memiliki fasilitas penunjang transportasi berupa bus kampus. Namun pada saat pandemi Covid-19, bus kampus UNAND berhenti beroperasi karena perkuliahan yang dilaksanakan secara daring. Hingga perkuliahan di Universitas Andalas kembali normal, bus kampus UNAND masih belum beroperasi. Seakan menggantikan bus kampus, bus Trans Padang Koridor VI telah resmi beroperasi pada akhir tahun 2022 dengan rute Pusat Kota – Limau Manis. Dalam upaya mengembalikan operasional bus kampus UNAND, dilakukan penelitian terhadap bus Trans Padang yang melakukan perjalanan di area Universitas Andalas serta penelitian untuk merencanakan operasional bus kampus UNAND. Penelitian pada bus Trans Padang dengan mengevaluasi kinerja operasional selama bus berada di area kampus UNAND yang meliputi load factor, headway, waktu perjalanan, dan kecepatan bus. Sedangkan pada bus kampus UNAND, dilakukan penelitian untuk merencanakan operasional bus kampus dari rute yang dilalui, tempat perhentian bus berdasarkan Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Nomor 271/HK.105/DRJD/96, dan jadwal operasinal bus yang diperoleh dari perhitungan waktu sirkulasi serta headway berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat No. SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Dari hasil pengamatan dan penelitian, rute yang digunakan bus kampus UNAND direncanakan berada di jalur berlawanan (counter flow) dari jalur bus Trans Padang di dalam area Universitas Andalas. Tempat perhentian bus kampus yang dibutuhkan yaitu sebanyak 12 perhentian, 2 diantaranya telah terpasang dan dibutuhkan, 10 perhentian lainnya dapat memanfaatkan rambu yang masih terpasang di area Universitas Andalas dengan beberapa perbaikan berupa pengecatan ulang dan penggantian plat. Dalam operasional bus UNAND, waktu sirkulasi yang didapat dari pengolahan data yaitu selama 14 menit 30 detik. Headway yang didapatkan telah disesuaikan yaitu selama 7,5 menit pada jam sibuk atau mendekati jam masuk dan selesai perkulaiahan, serta headway selama 15 menit pada jam tidak sibuk atau saat perkuliahan sedang berlangsung. Jumlah kendaraan perwaktu sirkulasi sebanyak 2 unit. Dengan jadwal operasional pukul 07.00 – 18.00 WIB, pada operasional penuh, setiap bus dapat melakukan perjalanan sebanyak 35-36 rit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. TITI KURNIATI, M.T. YOSSYAFRA, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:18
Last Modified: 21 Feb 2024 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/462148

Actions (login required)

View Item View Item