STRATEGI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) DALAM MENANGANI PERMASALAHAN PSIKOSOSIAL KELUARGA DI KOTA PADANG

Ariandini, Effendi (2023) STRATEGI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) DALAM MENANGANI PERMASALAHAN PSIKOSOSIAL KELUARGA DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan)
Bab 6 Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (Skripsi Full Text_Ariandini Effendi_1910841007)
Skripsi Full Text_Ariandini Effendi_1910841007.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ariandini Effendi, NIM 1910841007, Strategi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Dalam Menangani Permasalahan Psikososial Keluarga di Kota Padang, Departemen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2023. Dibimbing oleh: Dr. Desna Aromatica, S.AP.M.AP dan Dr. Ria Ariany, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 123 halaman dengan referensi 7 buku, 3 buku teori, 2 skripsi, 5 jurnal, dan 2 website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dalam menangani permasalahan psikososial keluarga di Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaktahuan masyarakat Kota Padang terkait Lembaga Konsultasi Kesejahteraan di Kota Padang yang beralokasi dan berada pada Dinas Sosial Kota Padang, mengingat LK3 sangat penting dan membantu masyarakat dalam permasalahan psikososial keluarga. Kota Padang merupakan ibu Kota Sumatera Barat yang memiliki kepadatan penduduk yang mengalami peningkatan, sehingga sangat rentan akan permasalahan psikososial keluarga, seperti KDRT, gangguan mental anggota keluarga dan lain sebagainya yang menyebabkan fungsi keluarga tidak berjalan dengan semestinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kenudian teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teori Kevin P. Kearns yang terdiri dari empat variabel yaitu strategi pertumbuhan, strategi meningkatkan efisiensi, strategi stabilisasi, dan strategi kolaborasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa strategi Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dalam menyelesaikan permasalahan psikososial di Kota Padang, berdasarkan sudut pandang Kevin P.Kearns yaitu strategi pertumbuhan, strategi meningkatkan efisiensi, strategi stabilisasi, dan strategi kolaborasi, belum berjalan dengan baik. Dimana terdapat rencana-rencana, namun belum terealisasikan dapat dilihat dari masih banyak masyarakat yang belum mengetahui Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga.Selain itu dalam kerja sama belum terdapat komitmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Desna Aromatica, S.AP, M.AP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: strategi, LK3 Kota Padang, psikososial keluarga
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:42
Last Modified: 29 Dec 2023 01:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460370

Actions (login required)

View Item View Item