PENGARUH MEDIA VIDEO EDUKASI TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS 3-5 SDN 10 LAMBUNG BUKIT

Nurul, Shabrina Utami Samosir (2023) PENGARUH MEDIA VIDEO EDUKASI TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS 3-5 SDN 10 LAMBUNG BUKIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Penutup/Kesimpulan)
Penutup.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

World Health Organization (WHO) menyatakan Coronavirus disease (COVID-19) sebagai pandemi dunia pada tahun 2020. Transmisi Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV-2) terjadi melalui kontak langsung, kontak tidak langsung, atau kontak erat dengan penderita. Varian delta merupakan varian yang cepat menyebar dan menimbulkan gejala yang parah. Berdasakan data di Inggris, varian delta lebih cepat menyebar di sekolah-sekolah, terutama pada anak usia 7 sampai 11 tahun. Pada anak usia sekolah, masalah kesehatan yang dihadapi terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang belum diterapkan dengan baik, sehingga menimbulkan permasalahan kesehatan, seperti masalah cacingan, diare dan saluran pernafasan akut (ISPA). Salah satu upaya pencegahan COVID-19 dan permasalahan kesehatan pada anak adalah menerapkan PHBS. Peneliti menggunakan media elektronik berupa media video edukasi karena mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah terdapat pengaruh media video edukasi terhadap PHBS di masa pandemic COVID-19 pada siswa kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SDN 10 Lambung Bukit, Kota Padang dengan total sampel 60 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner yang telah divalidasi oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini menunjukkan hasil berupa sebanyak 19 responden memiliki PHBS yang kurang, 16 responden cukup, 16 responden baik, dan 9 responden sangat baik. Perubahan hasil didapatkan setelah pemberian tayangan video edukasi, di mana terjadi peningkatan sebanyak 17 responden memiliki PHBS yang sangat baik, 17 responden baik, 16 responden cukup, dan 10 responden kurang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh media video edukasi terhadap PHBS pada responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Eryati Darwin, PA(K)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, video edukasi, PHBS, anak sekolah dasar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 21 Dec 2023 05:07
Last Modified: 21 Dec 2023 05:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459786

Actions (login required)

View Item View Item