IMPRESSION MANAGEMENT AUDY JOINALDY SEBAGAI WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT MELALUI MEDIA INSTAGRAM @Joinaldy

Deva, Fransiska (2023) IMPRESSION MANAGEMENT AUDY JOINALDY SEBAGAI WAKIL GUBERNUR SUMATERA BARAT MELALUI MEDIA INSTAGRAM @Joinaldy. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan abstrak-1.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text
5. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Setiap pemimpin dituntut memiliki self image yang baik di mata masyarakat agar dapat menjaga kepercayaan terhadap dirinya. Perkembangan media komunikasi menjadikan aktivitas presentasi diri seorang pemimpin lebih mudah membangun kesan yang baik. Pengelolaan kesan atau impression management biasanya dilakukan secara langsung. Namun, pada zaman sekarang dapat dilakukan secara tidak langsung melalui media sosial. Impression management menjadi salah satu upaya seorang Audy Joinaldy sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat untuk membangun kesan baik melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bagaimana impression management seorang pemimpin melalui media sosial yaitu Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah post-positivisme. Penelitian ini menggunakan teori impression management yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat followers yang diwawancara menyatakan keefektifan akun Instagram @joinaldy dalam membangun kesan baik. Setiap hari akun @joinaldy selalu aktif dalam meng-update kegiatan yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat. Beberapa upaya yang dilakukan dalam pengelolaan kesan di Instagram lebih mengutamakan aspek interaksi dengan khalayak. Selain itu strategi yang dikemukakan oleh Jones dan Pittman yang terdiri dari ingratation, self promotion, exemplification, intimidation dan supplication telah digunakan pada akun @joinaldy. Strategi exemplification merupakan strategi yang paling banyak digunakan. Sebaliknya, strategi intimidation strategi yang jarang digunakan karena dapat membentuk kesan buruk namun tetap digunakan pada saat-saat tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa Audy Joinaldy membangun kesan sebagai seorang pemimpin yang berintegritas, baik hati, jujur dan disiplin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Media Sosial, Strategi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:51
Last Modified: 23 Nov 2023 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458947

Actions (login required)

View Item View Item