PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB), LINGKUNGAN KERJA DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS DINAS PERINDAG PROVINSI SUMBAR)

Irvan, Nofrandy (2023) PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB), LINGKUNGAN KERJA DAN KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS DINAS PERINDAG PROVINSI SUMBAR). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
01. ABSTRAK_compressed.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I)
02. BAB I_compressed.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB V)
03. BAB Akhir_compressed.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
04. Dapus_compressed.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Full Thesis)
05. Full Tesis_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam meningkatkan kinerja pegawai, dibutuhkan variabel-variabel yang harus ada pada pegawai dan lingkungan pegawai. Organizational Citizenship Behavior (OCB), Lingkungan Kerja dan Knowledge Sharing merupakan sebagian dari variabel yang dimaksud. Pada sebuah instansi pemerintahan, tentunya kinerja pegawai sangat dibutuhkan dalam mencapai fungsi utama sebuah pemerintahan yakni pelayanan dan pelaksana kebijakan publik. Oleh karena itu, dibutuhkan kajian empiris, tentang pengaruh beberapa variabel yang disebutkan terhadap kinerja untuk perbaikan di instansi itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang berpengaruh terhadap kinerja pegawai, berikut dengan dimensi dari masing-masing variabel yang mempengaruhi kinerja. Dengan lanjutan menerapkan hasil dari penelitian agar kinerja pegawai dapat maksimal. Penelitian ini dilakukan di instansi pemerintahan, yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), dengan menggunakan kuesioner terhadap sampel yang berjumlah 75 responden. Pengolahan data menggunakan SEM-PLS yang dikalkulasikan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa OCB berpengaruh positif dan signifikan bersamaan dengan seluruh dimensinya kecuali, Conscientiousness terhadap kinerja pegawai. Sedangkan untuk lingkungan kerja dan knowledge sharing tidak berpengaruh positif serta tidak signifikan. Hal ini menunjukkan butuh banyak penerapan dan perbaikan terhadap OCB agar dapat meningkatkan kinerja pegawai Disperindag.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, OCB, Lingkungan Kerja, Knowledge Sharing, Kinerja Pegawai, SEM-PLS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik industri
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:38
Last Modified: 22 Nov 2023 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458665

Actions (login required)

View Item View Item