Preferensi Pengguna Kendaraan Pribadi Beralih Menggunakan Kendaraan Umum Bus Mendukung Green Campus Di Universitas Andalas

Amirna, Rahimmah (2023) Preferensi Pengguna Kendaraan Pribadi Beralih Menggunakan Kendaraan Umum Bus Mendukung Green Campus Di Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (622kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

UI Green Metric University World Rankings merupakan pemeringkatan kampus dunia dalam tindakan penghijauan serta keberlanjutan lingkungan. Universitas Andalas dalam keikutsertaannya dalam green campus pada UI Green Metric terkhusus pada kategori transportasi mengupayakan bagaimana memenuhi point penilaian green campus pada UI Green Metric. Pengambilan data dilakukan untuk mengetahui jumlah kendaraan total yang memasuki kampus dan bagaimana supaya nilai pada kriteria penilaian UI Green Metric mencapai nilai yang maksimal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei rekaman video serta pembagian kusioner willingness to us the public transportation untuk mengetahui keinginan atau minat dari masyarakat kampus universitas Andalas beralih menggunakan kendaraan umum terhadap preferensi yang diberikan. Dari data yang telah diolah didapat rasio total kendaraan yang memasuki Universitas Andalas dengan Total populasi kampus sebesar 0.444 yang mana masih belum memenuhi nilai maksimal pada point kriteria UI Green Metric terhadap kategori transportasi. Supaya memenuhi point maksimal setidaknya universitas Andalas mengurangi total jumlah kendaraan yang memasuki lingkungan kampus sebesar 62% dari total jumlah kendaraan yang memasuki kampus diluar Bus TransPadang. Pembagian kusioner untuk mengetahui keinginan masyarakat kampus beralih menggunakan kendaraan umum. Preferensi masyarakat kampus pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan kendaraan umum di Universitas Andalas adalah dengan pilihan “ingin beralih” sebesar 54% dan presentase “tidak ingin beralih” menggunakan kendaraan umum sekitar 30%. Hasil analisis data menghasilkan model persamaan untuk utilitas kemauan masyarakat kampus universitas Andalas untuk beralih menggunakan kendaraan umum yaitu Y = 0,153+0,123.X1 + (-0,042).X2 + 0,028.X3 + (-0,111).X4 + 0,100.X5 dengan nilai R square 0,110 yang mana model persamaan ini merupakan model persamaan dengan variabel independent dapat menentukan variasi dari variabel dependentnya sebesar 11% dan ini merupakan persamaan terbaik dibanding dengan persamaan selebihnya. Atribut tarif menjadi faktor yang paling utama terhadap preferensi yang ditawarkan untuk beralih menggunakan kendaraan umum, dilanjutkan dengan kenyamanan, tariff, efisiensi, aksesibilitas dan keamanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Titi Kurniati, M.T
Uncontrolled Keywords: UI Green Metric, Willingness to use, Kendaraan umum, Masyarakat kampus, Transportasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:04
Last Modified: 23 Nov 2023 02:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458644

Actions (login required)

View Item View Item