PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO EDUKASI DAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI DI RW 01 KELURAHAN BINUANG KAMPUNG DALAM KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Sucika, Apreliza (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO EDUKASI DAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUAL HYGIENE PADA REMAJA PUTRI DI RW 01 KELURAHAN BINUANG KAMPUNG DALAM KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (KIA UTUH_SUCIKA APRELIZA)
KIA_SUCIKA APRELIZA_2241312011.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan periode transisi dari masa anak menuju masa dewasa yang ditandai dengan adanya perubahan fisik, perilaku, kognitif, biologis, dan emosi. Pada remaja perempuan mulai mengalami menstruasi pertama (menarche) yang dapat menimbulkan perubahan psikologis berupa emosional yaitu perasaan cemas. Selain itu, kurangnya kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarche dapat berdampak pada masalah kurangnya kebersihan diri saat menstruasi (menstrual hygiene) sehingga berisiko terjadi infeksi organ reproduksi. Tujuan diberikan intervensi keperawatan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video edukasi dan permainan ular tangga terhadap tingkat pengetahuan tentang menstrual hygiene pada remaja putri di RW 01 Kelurahan Binuang Kampung Dalam. Asuhan keperawatan komunitas dimulai pada tanggal 27 Maret – 16 April 2023. Pengambilan data melalui windshield survey, observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Kegiatan edukasi menstrual hygiene ini diikuti oleh 20 orang remaja putri, penelitian ini menggunakan pretest dan post test. Setelah diberikan edukasi menstrual hygiene didapatkan hasil terjadi peningkatan pengetahuan remaja putri setelah diberikan edukasi menstrual hygiene dibuktikan dengan hasil persentase tingkat pengetahuan yaitu 70% pengetahuan baik dan 30% pengetahuan cukup. Dari hasil uji statistik uji wilcoxon didapatkan nilai (p-value=0,000) yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media video edukasi dan permainan ular tangga terhadap tingkat pengetahuan remaja putri. Diharapkan dari pihak kader kesehatan di RW 01 Kelurahan Binuang Kampung Dalam dapat bekerjasama dengan Puskesmas Pauh untuk mengadakan program kesehatan remaja di RW 01 Kelurahan Binuang Kampung Dalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo, S.Kp., MPH
Uncontrolled Keywords: Menstrual Hygiene, Pengetahuan, Remaja Putri, Ular Tangga, Video Edukasi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:15
Last Modified: 31 Oct 2023 02:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455891

Actions (login required)

View Item View Item