KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU, MEDIA KOMUNIKASI, DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN VIDEO EDITING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 7 PADANG

Ummul, Khair Azmi (2023) KOMPETENSI KOMUNIKASI GURU, MEDIA KOMUNIKASI, DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN VIDEO EDITING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 7 PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (TESIS ILMIAH FULL)
TESIS ILMIAH FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman video editing merupakan keahlian yang dibutuhkan oleh generasi saat ini. Untuk menghasilkan sebuah video yang bagus, membutuhkan ketelitian, kreativitas dan imajinasi yang baik dalam menginterpretasikan alur cerita kedalam sebuah video. Disaat perkembangan teknologi saat ini, video editing adalah keahlian yang harus dimiliki oleh orang yang mengambil jurusan yang berkaitan dengan editing video termasuk siswa yang bersekolah di SMK N 7 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan tingkat pemahaman siswa, kompetensi komunikasi guru dan media komunikasi dalam pembelajaran. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi komunikasi guru terhadap pemahaman siswa, pengaruh media komunikasi terhadap pemahaman siswa serta pengaruh kedua variabel secara bersamaan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran video editing. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil analisis yang di dapat menunjukkan bahwa masing-masing variabel mendapatkan persentase yang tinggi dimulai dari tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran video editing mendapatkan persentase tertinggi sebesar 77% dari total sampel yang dapat dikategorikan sangat paham, dan terdapat 2% yang mengatakan kurang paham. Selanjutnya media komunikasi memperoleh persentase sebesar 72% dari total sampel yang dapat dikategorikan sangat baik. Hasil uji regresi X1 to Y mengatakan bahwa kompetensi komunikasi guru berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran video editing. Diikuti dengan hasil uji regresi X2 to Y Media komunikasi berpengaruh terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran video editing. Serta hasil uji regresi X1 dan X2 to Y dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi komunikasi guru dan media komunikasi secara bersamaan terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran video editing di SMK N 7 Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa, Kompetensi Komunikasi Guru, Media Komunikasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:23
Last Modified: 18 Oct 2023 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455499

Actions (login required)

View Item View Item