Pengalaman Ibu Dalam Menghadapi Anak Dengan Perilaku Temper Tantrum Di Desa Kumun Kec. Kumun Debai Kota Sungai Penuh Jambi

Syirli, Anggriani (2019) Pengalaman Ibu Dalam Menghadapi Anak Dengan Perilaku Temper Tantrum Di Desa Kumun Kec. Kumun Debai Kota Sungai Penuh Jambi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK SYIRLI.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vi)
BAB VI penutup.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full tantrum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Temper tantrum jika tidak diatasi akan berbahaya saat anak meluapkan amarah dengan menyakiti diri sendiri dan orang lain dengan membenturkan kepala ke dinding atau memukul yang tentunya mengakibatkan resiko cedera fisik. Selain itu temper tantrum pada anak memberikan dampak pada emosi ibu, yaitu ibu merasa stress, panik, heran dan kasihan. Dampak emosi pada orang tua akan mempengaruhi cara orang tua dalam menghadapi anak dengan temper tantrum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi pengalaman ibu dalam menghadapi anak dengan perilaku Temper Tantrum di desa Kumun Mudik Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh Jambi tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Empat orang partisipan dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil wawancara ditranskrip secara verbatim dan dianalisis dengan metode Collaizi. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018 – Desember 2018. Hasil penelitian ini didapatkan 4 tema yaitu: 1) Manajemen emosi, 2) Meredam amarah anak, 3) Manajemen konflik konstruktif, 4) Menerapkan alternatif bentuk pengasuhan. Disarankan kepada tenaga kesehatan untuk mengembangkan strategi menghadapi anak temper tantrum melalui Manajemen emosi ibu, dan peningkatan pengetahuan terhadap bentuk pengasuhan. Kata Kunci : Pengalaman Ibu, Prasekolah, Temper Tantrum, Daftar Pustaka : 67 (2009-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Hermalinda, M.Kep,. Sp.Kep.An
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2019 13:01
Last Modified: 24 Jan 2019 13:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42479

Actions (login required)

View Item View Item