Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Ny.Y Dengan Resiko Jatuh Melalui Penerapan Terapi Square Stepping Exercise (SSE) Di RW VI Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara Tahun 2018

Noni, Halmi Surianti (2018) Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Ny.Y Dengan Resiko Jatuh Melalui Penerapan Terapi Square Stepping Exercise (SSE) Di RW VI Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara Tahun 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V penutup dan kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Lansia mengalami berbagai perubahan, terutama pada fisik dan psikologis lansia. Masalah fisik yang sering terjadi pada lansia adalah kejadian jatuh. Jatuh sangat berdampak bagi kesehatan lansia yaitu takut untuk jatuh lagi sehingga terbatasnya kegiatan sehari-hari dan menurunkan kemandirian lansia. Jatuh dapat disebabkan oleh usia, lingkungan, riwayat jatuh, gangguan kognitif, gangguan penglihatan dan pendengaran dan perubahan keseimbangan. Pada pasien kelolaan didapatkan masalah resiko jatuh sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkelanjutan. Salah satu cara mencegah resiko jatuh adalah dengan terapi square stepping exercise (SSE). Tujuan dari laporan ilmiah ini yaitu memberikan gambaran asuhan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat dengan adanya peningkatan pengetahuan tentang pencegahan resiko jatuh setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama 3 hari dan terjadi peningkatan skala Berg dari 36 menjadi 44 setelah dilakukan terapi square stepping exercise (SSE) selama 3 minggu (12 hari). Saran dari laporan ini adalah agar perawat Puskesmas melakukan pembinaan berkelanjutan pada lansia yang mengalami masalah kesehatan dengan cara melakukan kunjungan rumah. Kata kunci : resiko jatuh, lansia, square stepping exercise (SSE) Daftar pustaka : 56 (1994 - 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 11:12
Last Modified: 18 Jan 2019 11:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41315

Actions (login required)

View Item View Item