Desain Ulang Kemasan Rendang Menggunakan Metode Kansei Engineering

Mutiara, Sari (2018) Desain Ulang Kemasan Rendang Menggunakan Metode Kansei Engineering. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pariwisata di Sumatera Barat semakin pesat salah satu fasilitas penunjang adalah kuliner halal yang memuaskan lidah. Kuliner juga memiliki daya tarik wisatawan yang dapat dikemas oleh setiap industri makanan sehingga dapat dijadikan buah tangan. Salah satu kuliner yang terkenal yang berasal dari ranah Minang dan dijadikan buah tangan adalah rendang. Namun berdasarkan persepsi konsumen tentang kemasan rendang yang ada dipasaran, kemasan saat ini masih memiliki kekurangan, dan konsumen belum mendapatkan kepuasan ketika membeli rendang dan menjadikanya sebagai buah tangan. Oleh karena itu perlu dilakukan perancangan ulang kemasan rendang berdasarkan emosional dan perasaan konsumen dan mewujudkannya kedalam bentuk nyata, sehingga kepuasan konsumen dapat tepenuhi. Karena keinginan dan perasaan konsumen berbeda beda dan bersifat abstrak, maka metode yang dipilih pada penelitian ini adalah metode Kansei Engineering. Metode Kansei Engineering ini digunakan untuk mengetahui keinginan konsumen berdasarkan aspek psikologi, yaitu perasaan dan emosi konsumen, sehingga akan mempermudah dalam menerjemahkan keinginan konsumen kedalam desain produk. Hasil penelitian ini menghasilkan 23 kata-kata Kansei yang mempengaruhi enam faktor yaitu kemasan meyakinkan, rapi, unik, ekonomis dan fungsional, jelas, ringan dan tidak berbau. Alternatif usulan rancangan kemasan yang diberikan ada 2 buah. Selanjutnya tahap evaluasi dilakukan dengan membandingkan hasil rancangan dengan model kemasan yang ada saat ini. Hasil dari evaluasi rancangan menunjukkan setiap faktor penilaian memberikan nilai yang tinggi pada kedua alternatif rancangan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kedua rancangan usulan kemasan rendang dapat diterima oleh konsumen Kata Kunci: Kansei, kemasan, konsumen, pariwisata, rancangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lusi Susanti
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 22 Oct 2018 09:26
Last Modified: 22 Oct 2018 09:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39893

Actions (login required)

View Item View Item