Fhadli, Hidayatullah (2018) PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN IKM KUDA TERBANG DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan abstrak)
cover, abstrak.pdf - Published Version Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I .pdf - Published Version Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di era globalisasi pada saat sekarang ini menyebabkan peningkatan persaingan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang industri. Dikarenakan persaingan dalam dunia industri yang semakin ketat, banyak perusahaan yang bersaing untuk memenuhi keinginan konsumen. Hal ini menyebabkan konsumen lebih selektif dalam hal memilih suatu produk. Perusahaan harus selalu memenuhi keinginan konsumen agar mampu bersaing. Industri pangan merupakan salah satu industri yang sangat dipengaruhi oleh keinginan konsumen. Perubahan gaya hidup dan perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, semakin mempengaruhi minat masyarakat dalam berbagai produk industri pangan termasuk dalam minuman kopi, Kopi dalam masyarakat Indonesia sudah menjadi gaya hidup yang dikonsumsi dalam berbagai kesempatan baik bagi anak muda maupun orang tua dengan segala tingkat sosial masyarakat IKM Kopi Kuda Terbang yang merupakan Usaha Kecil Menengah yang dimiliki bapak H.Arman. IKM Kopi Kuda Terbang berlokasi di Jalan Tepi Bandar bekali No. 11 RT.005 RW.005 Kelurahan Sawahan Timur Kecamatan Padang Timur, Kota padang ini berusaha untuk meningkatkan daya saing usaha agar bisa bertahan dan berkembang dalam lingkungan kompetitif. Daya saing usaha tersebut dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. IKM kopi kuda terbang memasarkan kopi di daerah Kota Padang, Bukit Tinggi serta Pekan Baru. Faktor - faktor untuk meningkatkan daya saing usaha perusahaan adalah perlunya dilakukan perencanaan strategis dengan melakukan analisis terhadap faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh, baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan perusahaan. Dengan adanya perencanaan strategis ini dapat dihasilkan rumusan arah, tujuan serta langkah-langkah konkrit yang diperlukan oleh perusahaan agar dapat bertahan dalam persaingan yang ada. Penyusunan strategi ini diawali dengan menganalisis faktor inernal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan IKM Kopi kuda terbang di Kota Padang. Dari faktor eksternal dan faktor internal ini maka dilakukan analisis SWOT (Strengthness, Weakness, Opportunities, Threats) sampai didapatkan rumusan strategi yaitu menggunakan AHP dengan software Expert Choice. Berdasarkan matriks Internal External (IE) untuk IKM Kopi Kuda terbang berada pada Kuadran V yang berarti bahwa IKM kopi Kuda Terbang dalam keadaan menjaga dan mempertahankan eksistensi produknya. Untuk matriks SWOT diperoleh beberapa jenis strategi alternatif yaitu strategi intensif, strategi integrasi dan strategi defensif. Prioritas perumusan strategi berdasarkan perhitungan dari metode AHP didapatkan tiga strategi terbaik, yaitu meningkatkan promosi karena memiliki nilai bobot tertinggi, yaitu 0,169. Yang kedua adalah menggunakan teknologi terbaru dengan nilai bobot 0,160 dan yang ketiga adalah memperluas daerah pemasaran dengan nilai bobot 0,133. Kata Kunci : Kopi, Perencanaan Strategi, SWOT, AHP
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | ERI WIRDIANTO, M.Sc |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 11:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 11:16 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35885 |
Actions (login required)
View Item |