STUDI KINERJA OPERASIONAL ANTARA BUS BESAR DENGAN BUS SEDANG KORIDOR I TRANS PADANG

Vicky, Anggia Ferdina (2017) STUDI KINERJA OPERASIONAL ANTARA BUS BESAR DENGAN BUS SEDANG KORIDOR I TRANS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Abstrak).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I. Pendahuluan)
Text (Bab I. Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI. Penutup)
Text (Bab VI. Penutup).pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Bus Rapid Transit (BRT) adalah satu bentuk angkutan berorientasi pelanggan dan mengkombinasikan stasiun, kendaraan, dan perencanaan dalam sebuah sistem yang terpadu dan memiliki satu identitas unik. Trans Padang adalah salah satu layanan angkutan massal Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Padang yang mulai beroperasi pada Januari 2014. Koridor pertama yang dibuka adalah rute Batas Kota – Imam Bonjo dan merupakan satu-satunya koridor yang beroperasi. Ukuran bus Trans Padang yang beroperasi saat ini terdiri dari dua variasi yaitu bus besar dan bus sedang. Pada tugas akhir ini dilakukan penelitian perbandingan kinerja operasional antara bus besar dn bus sedang untuk melihat bagaimana hasil dari kinerja operasional masing-masing ukuran bus yang ada di lapangan dengan melakukan pengambilan data primer yang bersifat on bus survey. Data hasil survei tersebut kemudian diolah dan didapatkan hasil berupa waktu tempuh bus besar yang diperlukan lebih lama dbandingkan bus sedang, faktor muat (load factor) bus besar mempunyai nilai yang lebih sedikit dibandingkan dengan bus sedang, sedangkan untuk headway, bus besar memiliki headway yang paling lama dibandingkan headway bus sedang. Bus besar beroperasi pada jam sibuk sehingga headway yang diketahui hanya pada trip 1, 4 dan 6. Berdasarkan kondisi yang di atas, masyarakat akan cenderung memilih bus sedang karena waktu tempuh yang lebih singkat dan jumlah frekuensi lebih sering dan bagi operator bus besar lebih menguntungkan dikarenakan jumlah penumpang yang diangkut dalam satu waktu lebih banyak sehingga jumlah karcis yang terjual lebih banyak. Kata Kunci: Bus Rapid Transit, Frekuensi Layanan, Headway, Waktu Tempuh, Faktor Muat (Load Factor)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YOSSYAFRA, Ph. D
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Oct 2017 10:23
Last Modified: 25 Oct 2017 10:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item