Syabri, Syam (2017) Analisis Pemasaran Ternak kambing di Pasar Ternak Cubadak Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Bagian I.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
Text (full text skripsi)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ANALISIS PEMASARAN TERNAK KAMBING DI PASAR TERNAK CUBADAK KABUPATEN TANAH DATAR SYABRI SYAM, dibawah bimbingan Dr.Ir. Hj. Dwi Yuzaria, SE,M.Si dan Elfi Rahmi, S. Pt, MP Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan, Program Studi Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Payakumbuh, 2017 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lembaga dan saluran pemasaran ternak kambing, menganalisis margin, biaya pemasaran dan keuntungan yang diterima lembaga dan mengetahui farmer’s share yang diterima peternak melalui rantai tataniaga lembaga pemasaran ternak kambing. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 25 Maret - 28 April 2017 dipasar ternak Cubadak, Kabupaten Tanah Datar. Penentuan sampel dilakukan secara accidental sampling dengan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian terdapat 3 Saluran pemasaran yang ada yaitu, (1) Peternak → Konsumen Akhir, (2) Peternak → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir dan (3) Peternak → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir. Saluran yang memiliki margin total tertinggi terdapat pada salauran 3 sebesar Rp. 999.110/ekor. Lembaga yang memiliki margin tertinggi adalah pedagang pengumpul pada saluran 2 sebesar Rp.309.082/ekor. Lembaga yang memperoleh keuntungan tertinggi pada pemasaran ternak kambing adalah pedagang pengecer sebesar Rp.431.351/ekor pada saluran pemasaran 3. Farmer share atau bagian yang diterima oleh peternak paling tinggi melalui saluran pemasaran pada saluran pemasaran 1 yaitu sebesar 100%, Sedangkan bagian peternak yang paling rendah pada saluran 3, bagian yang diperoleh peternak untuk ternak kambing jantan sebesar 69,93% dan betina sebesar 62,67%. Kata Kunci : Analisis, Lembaga Pemasaran, Saluran Pemasaran, Margin, Keuntungan, Farmer’s Share, Ternak Kambing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ir. Hj. Dwi Yuzaria, SE, M.Si |
Subjects: | Q Science > QM Human anatomy |
Depositing User: | S1 Fakultas Peternakan |
Date Deposited: | 24 Jul 2017 17:25 |
Last Modified: | 24 Jul 2017 17:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26901 |
Actions (login required)
View Item |