Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Derajat Dismenore Primer Pada Mahasiswi Keperawatan Universitas Andalas Tahun 2017

Putri, Dahlia (2017) Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Derajat Dismenore Primer Pada Mahasiswi Keperawatan Universitas Andalas Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
BISMILLAH, SKRIPSI UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dismenore primer paling banyak terjadi pada wanita dengan golongan umur 21- 25 tahun. Sebagian besar Mahasiswi Keperawatan Universitas Andalas mengalami derajat dismenore primer sedang yang memiliki dampak berupa terganggunya aktivitas sehari-hari, menurunnya konsentrasi belajar, dan menurunnya aktivitas fisik. Faktor-faktor yang mempengaruhi derajat dismenore primer adalah tingkat stres, status gizi, usia menarche dan riwayat keluarga dismenore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan derajat dismenore primer pada mahasiswi Keperawatan Universitas Andalas tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Keperawatan Universitas Andalas Angkatan A 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling sehingga di dapatkan sampel sebanyak 120 responden. Penelitian ini dilakukan tanggal 20 Juni – 2 Juli 2017. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan (p< 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan riwayat keluarga dismenore dengan derajat dismenore primer, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dan usia menarche dengan derajat dismenore primer. Diharapkan bagi responden yang mengalami dismenore primer mampu mengontrol stres serta mengantisipasi agar tidak mengalami derajat dismenore yang lebih parah terutama bagi wanita yang mempunyai riwayat keluarga dismenore primer. Kata kunci : Dismenore primer, stres,gizi,menarche, riwayat keluarga Daftar Pustaka : 56 (1988- 2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ESI AFRIYANTI, S.Kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Jul 2017 16:14
Last Modified: 25 Jul 2017 16:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26609

Actions (login required)

View Item View Item