Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi dan Leaflet sebagai Media Edukasi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang di SMP N 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Tahun 2023

Azzahra, Diva (2023) Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi dan Leaflet sebagai Media Edukasi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang di SMP N 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1_Azzahra Diva.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6_Azzahra Diva.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Masalah gizi pada remaja dipicu oleh pengetahuan dan sikap tentang gizi yang kurang terutama gizi seimbang. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap dengan melakukan edukasi gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi dan media leaflet terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa tentang gizi seimbang di SMPN 1 Lengayang Tahun 2023. Jenis penelitian ini merupakan quasi-experiment dengan desain pretest posttest with non-equivalent control group. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Lengayang dari bulan Juli-Agustus 2023. Sampel adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Lengayang yang dibagi masing-masing 31 siswa setiap kelompok intervensi (video animasi dan leaflet) dan kelompok kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data terdiri dari univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan edukasi gizi melalui media video animasi lebih efektif dibandingkan media leaflet pada perubahan pengetahuan tentang gizi seimbang dilihat dari nilai gain video animasi = 0.7 (tinggi) lebih besar daripada nilai gain media leaflet = 0.5 (sedang). Edukasi gizi melalui media leaflet lebih efektif dibandingkan media video animasi pada perubahan sikap tentang gizi seimbang dilihat dari nilai gain media leaflet = 0.7 (tinggi) lebih besar daripada nilai gain media video animasi = 0.4 (sedang) pada siswa SMPN 1 Lengayang. Media video animasi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang dibandingkan media leaflet, dan media leaflet lebih efektif dalam meningkatkan sikap tentang gizi seimbang dibandingkan media video animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: gizi seimbang, media leaflet dan video animasi, pengetahuan dan sikap, remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:27
Last Modified: 20 Sep 2023 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216055

Actions (login required)

View Item View Item