PENGEMBANGAN PRODUK ROTI BURGER UBI JALAR DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN

Ifan, Arenza (2023) PENGEMBANGAN PRODUK ROTI BURGER UBI JALAR DENGAN MEMPERTIMBANGKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (Cover+Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Full text ifan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha semakin lama semakin menunjukan adanya persaingan yang semakin tinggi, maka akan memberikan peluang konsumen untuk memilih produk sesuai dengan preferensinya. Oleh karena itu perlu pengembangan produk berdasarkan preferensi konsumen, yang dapat menjadi suatu strategi bisnis dalam melakukan inovasi pada suatu produk. Bucin (Burger Cinta) merupakan usaha makanan yang berada di Kota Padang yang mempunyai produk inovasi yang perlu dikembangkan yakni Roti Burger Ubi Jalar. Produk roti burger ubi jalar ini berbahan dasar tepung disertai dengan campuran ubi jalar, namun masih memiliki satu varian yaitu roti burger ubi jalar original. Rumusan masalah penelitian ini yakni Bagaimana mengembangkan produk roti burger ubi jalar dengan mempertimbangkan preferensi konsumen dalam membeli roti burger ubi jalar?. Tujuan penelitian ini mengembangkan produk dan merancang alternatif konfigurasi roti burger ubi jalar sesuai preferensi konsumen. Pengembangan produk roti burger ubi jalar ini dengan mengggunakan metode Conjoint Analysis untuk memperoleh kombinasi berbagai atribut dan level berdasarkan preferensi konsumen. Setelah itu dilakukan uji ChiSquare berguna untuk mengetahui peresentase hubungan aspek responden dalam pembelian produk roti burger ubi jalar. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan lima atribut penting yaitu atribut rasa, varian, tekstur, jenis kemasan dan harga. Berikutnya dari pengolahan data preferensi konsumen terdapat 25 kombinasi atribut roti burger ubi jalar. Kombinasi terbaik yakni roti rasa Blueberry, varian yang Manis, dan tekstur yang Lembut, dengan kemasan Paperbag di harga Rp. 7000 hingga Rp. 14000. Hasil Uji Tabulasi Silang menunjukkan bahwa jenis kelamin wanita lebih banyak minat pembelian kembali roti burger ubi jalar. Uji tabulasi silang berikutnya pada variabel pekerjaan menunjukan bahwa pelajar/mahasiswa menjadi responden terbanyak dan frekuensi minat terbanyak membeli roti burger ubi jalar kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Afri Adnan, M.T Prima Fithri, S.T., M.T
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:49
Last Modified: 12 Sep 2023 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213726

Actions (login required)

View Item View Item