Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) Menggunakan Metode Human Resource Scorecard (Studi Kasus: PT Amanah Insanillahia)

Indah, Kurniawati Ali (2023) Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) Menggunakan Metode Human Resource Scorecard (Studi Kasus: PT Amanah Insanillahia). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Bab VI)
BAB VI - Penutup.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor yang berharga, sehingga perusahaan memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas lingkungan kerja serta melatih karyawan agar mereka siap untuk memberikan kontribusi optimal dalam meraih tujuan perusahaan. PT Amanah Insanillahia belum pernah melakukan pengukuran sumber daya manusia secara menyeluruh dan komprehensif sehingga tidak dapat diketahui faktor apasaja yang belum terpenuhi dalam menghasilkan performa karyawan yang unggul selain aspek kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Sumber Daya Manusia pada PT Amanah Insanillahia. Pengukuran kinerja sumber daya manusia dilakukan dengan metode Human Resource Scorecard yang mencangkup empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, penggunaan kuesioner, dan wawancara langsung dengan pihak PT Amanah Insanillahia. Pengukuran kinerja SDM dimulai dengan menentukan dan validasi Key Performance Indicators (KPI), selanjutnya melakukan pembobotan terhadap KPI yang telah divalidasi dengan pendekatan Analytical Hierarchy Process, lalu dilakukan tahap scoring, dan dilakukan perhitungan untuk mendapatkan skor akhir KPI. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dari 15 KPI yang telah divalidasi, didapatkan hasil bahwa 1 KPI dengan kategori kinerja kurang, 1 KPI dengan kategori kinerja cukup, 6 KPI dengan kategori kineja baik, dan 7 KPI dengan kategori kinerja sangat baik. Untuk total skor keseluruhan KPI yaitu 3,701 dari skala 5 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE., M. Eng
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Human Resource Scorecard, Key Performance Indicators, Kinerja, Sumber Daya Manusia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:53
Last Modified: 12 Sep 2023 08:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213666

Actions (login required)

View Item View Item