Evaluasi Model Bisnis Menggunakan Business Model Canvas dan Analisis SWOT (Studi Kasus : Anandia Bakery)

Aidul, Fitra Rahman (2023) Evaluasi Model Bisnis Menggunakan Business Model Canvas dan Analisis SWOT (Studi Kasus : Anandia Bakery). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMKM Anandia Bakery merupakan usaha produksi roti yang berlokasi di Komplek Pesona Filano Blok EE 12 No. 2, Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Usaha ini didirikan oleh Ibu Anandia dan sudah berdiri sejak tahun 2006. Anandia Bakery memiliki cukup banyak pesaing dengan perbandingan omset yang dimiliki Anandia Bakery masih di bawah beberapa produsen roti lainnya. Anandia Bakery saat ini belum memiliki rencana bisnis yang dirumuskan secara terstruktur. Dengan dilakukan perumusan strategi sehingga didapatkan model bisnis yang sesuai, diharapkan Anandia bakery dapat mempertahankan bisnisnya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan model bisnis baru berdasarkan Business Model Canvas usulan untuk strategi bisnis Anandia Bakery. Tahapan pada penelitian ini yaitu pembuatan Business Model Canvas saat ini berdasarkan 9 elemen kunci Business Model Canvas. Selanjutnya dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikombinasikan dengan analisis Strengths Weakness Opportunities Threats (SWOT). Setelah dilakukan analisis SWOT, dilakukan tahap perumusan strategi dengan tiga tahapan, yaitu tahap input matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan matriks External Factor Evaluation (EFE), tahap pencocokan matriks SWOT dan matriks Internal External (IE) dan yang terakhir yaitu tahap keputusan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada tahap ini didapatkan rekomendasi strategi yang paling tepat bagi Anandia Bakery. Strategi tersebut digambarkan ke dalam Business Model Canvas usulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada Anandia Bakery, posisi Anandia Bakery berada dalam keadaan hold and maintain dengan strategi yang dilakukan menjaga dan mempertahankan. Strategi yang dapat dilakukan dengan posisi Anandia Bakery saat ini dilakukan dengan berupa penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Dicky Fatrias, S.T., M.Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:50
Last Modified: 11 Sep 2023 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/213550

Actions (login required)

View Item View Item