PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN E-BOOKLET TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA MAHASISWA NON KESEHATAN DI ASRAMA PUTRI UNIVERSITAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2023

Salsabila, Nurul Afifah (2023) PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN E-BOOKLET TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA MAHASISWA NON KESEHATAN DI ASRAMA PUTRI UNIVERSITAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK_Salsabila Nurul Afifah_1811223002.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN_Salsabila Nurul Afifah_1811223002.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN_Salsabila Nurul Afifah_1811223002.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Salsabila Nurul Afifah_1811223002.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL_Salsabila Nurul Afifah_1811223002.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan perilaku konsumsi remaja adalah kurangnya konsumsi buah dan sayur. Pemberian edukasi menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan perilaku konsumsi sayur dan buah pada remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan e-booklet terhadap perilaku konsumsi buah dan sayur pada mahasiswa non kesehatan di Asrama Putri Universitas Andalas Kota Padang. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian yaitu quasi eksperimen pre-test and post-test with control group. Penelitian dilaksanakan di Asrama Putri Universitas Andalas Kota Padang dari bulan Oktober–April 2023. Sampel berjumlah 30 responden untuk setiap kelompok yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test dan Independen Sample t-test. Hasil dari penelitian ini Terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa asrama sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok intervensi (p-value=0,001), namun pada tindakan tidak terdapat perbedaan rata-rata mahasiswa asrama sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok intervensi (p-value=0,156). Tidak terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan, sikap, tindakan, dan perilaku mahasiswa asrama sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok kontrol (p-value>0,05). Terdapat perbedaan skor pengetahuan, sikap, dan perilaku antara kelompok intervensi dengan kontrol (p-value=0,001), namun pada tindakan tidak terdapat perbedaan skor mahasiswa asrama antara kelompok intervensi dengan kontrol (p-value=0,275). Kesimpulannya Pemberian edukasi menggunakan media e-booklet berpengaruh terhadap perubahan perilaku pada mahasiswa asrama non kesehatan tentang konsumsi sayur dan buah. Diharapkan kepada pihak kampus dapat bekerja sama dengan tenaga kesehatan terkait pentingnya konsumsi sayur dan buah pada remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Idral Purnakarya, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: konsumsi sayur dan buah, e-booklet, edukasi, pengetahuan, sikap, tindakan, perilaku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 06 Sep 2023 09:06
Last Modified: 06 Sep 2023 09:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212681

Actions (login required)

View Item View Item