PENGALAMAN KOMUNIKASI CYBER PUBLIC RELATIONS PEMERINTAHAN KABUPATEN MERANGIN DALAM PENGELOLAAN WEBSITE www.meranginkab.go.id

RIZQI, KHAIRUNNISA (2023) PENGALAMAN KOMUNIKASI CYBER PUBLIC RELATIONS PEMERINTAHAN KABUPATEN MERANGIN DALAM PENGELOLAAN WEBSITE www.meranginkab.go.id. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL Rizqi Khairunnisa (2120862006).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena penggunaan media internet menciptakan ruang kerja Public Relations disebut Cyber Public Relations. Cyber Public Relations ini berhubungan dengan perkembangan teknologi yang sudah gencar penerapannya pada PR 4.0. Perkembangan website pun tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang memadai serta Sumber Daya Manusia (SDM) diiringi dengan kegiatan komunikasi. Urgensi hadirnya Cyber Public Relations di Kabupaten Merangin sebagai wujud partisipasi pemerintah dalam mengadopsi media internet sesuai dengan Peraturan Daerah Bupati Merangin No. 38 Tahun 2016 yang menyatakan seluruh urusan komunikasi dan informatika berada di bawah naungan Dinas Kominfo Kabupaten Merangin. Hasil dari pengadopsian media internet termasuk website ditunjukkan pada hasil Indeks SPBE pada tahun 2021 di angka 1,00 dan pada tahun 2022 berada di angka 1,56. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengelolaan website. Pengalaman yang tepat akan memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan website. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman komunikasi pegawai, menganalisis konsep-konsep pengalaman komunikasi pegawai, serta memaknai pengalaman komunikasi pegawai Cyber PR Pemerintah Kabupaten Merangin dalam Pengelolaan Website. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan paradigma konstruktivisme dibantu dengan teori fenomenologi oleh Edmund Hussrel. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pengalaman komunikasi dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan yang relevan dan ketidaksesuaian latar belakang yang mengharuskan adaptasi, serta komunikasi internal yang terdiri dari rapat, pelatihan dan workshop, serta komunikasi visi dan misi. Konsep pengalaman komunikasi pegawai berupa kolaborasi tim dengan memadukan pemikiran dari pandangan latar belakang pendidikan yang berbeda, dan komunikasi “cikat". Makna pengalaman komunikasi pegawai ini berupa makna peningkatan pemahaman dan makna pertumbuhan individu dalam tim tentang disiplin ilmu yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Komunikasi, Cyber Public Relations, Website.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 Sep 2023 08:09
Last Modified: 04 Sep 2023 08:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/212049

Actions (login required)

View Item View Item