Hubungan Beban Kerja dengan Gangguan Muskuloskeletal pada Perawat di Ruang Rawat Inap Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2023

Rahimna, Fuja (2023) Hubungan Beban Kerja dengan Gangguan Muskuloskeletal pada Perawat di Ruang Rawat Inap Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Gangguan muskuloskeletal adalah salah satu dampak yang dapat dirasakan oleh perawat seiring dengan banyaknya beban kerja yang diterima oleh perawat. Jika dibiarkan terlalu lama akan beresiko pada penurunan produktivitas kerja perawat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan beban kerja dengan gangguan muskuloskeletal pada perawat di ruang rawat inap bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2023. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 66 perawat yang memberikan asuhan keperawatan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode Time and Motion Study untuk mengobservasi beban kerja dan gangguan muskuloskeletal menggunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM). Didapatkan sebagian besar (57,6%) perawat mengalami beban kerja sedang dan sebagian besar (60,6%) perawat mengalami gangguan muskuloskeletal sedang. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja dengan gangguan muskuloskeletal pada perawat dengan p-value=0,000. Diharapkan pihak manajemen keperawatan di rumah sakit perlu meningkatkan program kesejahteraan dan perhitungan analisi beban kerja bagi tenaga keperawatan disetiap ruangan berkaitan dengan faktor yang mempercepat terjadinya gangguan muskuloskeletal, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:04
Last Modified: 21 Aug 2023 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209730

Actions (login required)

View Item View Item