HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA/I DI SMA SEMEN PADANG

Yollanda, Febriza Putri (2023) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA/I DI SMA SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (BAB VII Kesimpulan dan Saran)
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan seorang remaja dalam proses pembentukan jati dirinya. Pada proses ini, prestasi yang dihasilkan tidak selalu baik / tinggi. Penurunan prestasi belajar dapat terjadi karena beberapa faktor internal dan eksternal, yang salah satunya yaitu penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial tinggi dikalangan remaja memiliki banyak dampak negatif bagi remaja, salah satunya yaitu siswa menjadi acuh dalam belajar sehingga terjadi penurunan prestasi belajar. Dengan demikian, dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa/i di SMA Semen Padang. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 210 orang dengan metode stratified random sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner penggunaan media sosial dan nilai rata-rata semester siswa. Analisa data pada penelitian ini adalah uji Rank Spearmen. Hasil penelitian diperoleh nilai median penggunaan media sosial 57 artinya penggunaan media sosial tinggi, nilai median prestasi belajar 84 (81-19) artinya prestasi belajar baik, serta hasil uji statistik menunjukkan nilai P-value = 0,000 (p < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,990 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa, dan kekuatan hubungan kedua variabel yaitu sangat kuat, dengan arah hubungan korelasi negatif. Nilai koefesien determinan r2 = 0,980 yang artinya penggunaan media sosial berkontribusi sebesar 98% terhadap prestasi belajar pada siswa/ii di SMA Semen Padang. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan untuk penelitian serupa sebaiknya memperbanyak sampel penelitian dengan menggunakan lokasi penelitian berbeda. Serta bagi responden selalu dapat memanfaatkan media sosial kearah yang positif agar dapat mempertahankan prestasi belajar atau dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci: penggunaan media sosial, prestasi belajar, siswa/remaja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Lili Fajria , S.Kep, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:47
Last Modified: 21 Jul 2023 01:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208785

Actions (login required)

View Item View Item