ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN BISNIS DAUR ULANG KERTAS UMKM RUBAH KERTAS, KOTA JAKARTA TIMUR, PROVINSI DKI JAKARTA

Muhammad, Afif (2023) ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN BISNIS DAUR ULANG KERTAS UMKM RUBAH KERTAS, KOTA JAKARTA TIMUR, PROVINSI DKI JAKARTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (TA Utuh)
TA Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

UMKM Rubah Kertas adalah bisnis sosial yang fokus pada pengolahan kertas bekas menjadi kertas daur ulang dan edukasi masyarakat melalui sosial media mengenai isu lingkungan dan sustainability. Produk utama Rubah Kertas adalah kertas daur ulang yang disebut Handmade Recycled Paper Art. Saat ini terdapat variasi kertas berdasarkan kategori-kategori yaitu: ketebalan kertas, tekstur kertas, warna kertas, ukuran kertas dan pinggiran kertas, dengan total lebih dari 80 variasi. Rubah Kertas miliki trobosan pada sampah kertas menjadi barang bernilai seperti hantag, kartu nama, undangan pernikahan dan barang kreatif lainnya. Berdasarkan data tim riset internal UMKM Rubah Kertas, saat ini terdapat 25,801 Pcs permintaan kertas daur ulang yang terdapat di Kota Jabodetabek, dan 6,091 Pcs kertas yang belum dapat dipenuhi oleh kompetitor UMKM yang bergerak dibidang produk ramah lingkungan. Jika dilihat dari data tersebut, maka menjadi peluang pengembangan bisnis UMKM Rubah kertas untuk mencapai permintaan dan permintaan yang belum dapat dipenuhi. Penelitian yang dilakukan untuk pengembangan tersebut menggunakan teori studi kelayakan pengembangan bisnis yang memliki fungsi untuk mengetahui rencana pengembangan bisnis layak atau tidak untuk dilaksanakan. Analisis studi kelayakan bisnis UMKM Rubah Kertas terdapat aspek dalam menganalisis penelitian ini yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan sumber daya manusia, aspek hukum dan aspek finansial. Hasil penelitian dari aspek pasar dan pemasaran yang dilakukan, jika dilihat dari peramalan permintaan UMKM Rubah Kertas meningkat satu periode kedepan serta selera pasar terhadap produk daur ulang juga tinggi dan juga UMKM Rubah Kertas juga perlu melakukan meningkatkan pemasaran secara masal agar konsumen semakin tertarik dengan produk UMKM Rubah Kertas. Aspek teknis dan teknologi UMKM Rubah Kertas didapatkan hasil diperlukan nya penambahan 2 mesin untuk meningkatkan produksi UMKM Rubah Kertas. Aspek manajemen dan sumber daya manusia, didapatkan hasil diperlukannya penambahan tenaga kerja agar efektivitas dapat memaksimalkan hasil produksi dan juga strukutr organisasi dari UMKM Rubah Kertas yaitu berupa struktur garis atau lini yang mana dengan struktur kerja tersebut mempermudah mengkoordinasi antara pemilik dengan tenaga kerja. Pada aspek hukum didapatkan hasil yaitu UMKM Rubah kertas perlu melengkapi berkas-berkas seperti NPWP untuk kelengkapan administrasi agar UMKM Rubah Kertas dapat mengembangkas bisnis secara legal. Aspek finansial didapatkan hasil dari perhitungan keyalakan investasi pada NPV didapatkan nilai sebesar Rp2.473.111.051, lalu IRR didapatkan nilai sebesar 28,83%, PI didapatkan nilai 2,27 dan PP dengan nilai 1,68 tahun. Berdasakan analisis aspek kelayakan secara keseluruhan dapat disimpulkan layak untuk dikembangkan dengan catatan, apabila memenuhi beberapa rekomendasi penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Alizar Hasan, MSIE., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: UMKM Rubah Kertas, Studi Kelayakan Pengembangan Usaha, Kertas Daur ulang, aspek studi kelayakan bisnis
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:00
Last Modified: 21 Jul 2023 07:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/208522

Actions (login required)

View Item View Item