KREDIBILITAS MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN PERSEPSI BUDAYA BURU BABI (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @infobaburu di Sumatera Barat)

Iqbal, Akbar Tul (2023) KREDIBILITAS MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN PERSEPSI BUDAYA BURU BABI (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @infobaburu di Sumatera Barat). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Skripsi Akbar Tul Iqbal .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Baburu babi merupakan salah satu olahraga tradisional Minangkabau yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Sebelumnya kegiatan ini hanya disebarluaskan melalui mulut ke mulut. Kemajuan perkembangan zaman dengan pemanfaatan sosial media, akun @infobaburu menyebarluaskan informasi kegiatan ini melalui Instagram. Dengan hadirnya akun ini, dapat membentuk atau memperbaiki persepsi masyarakat tentang buru babi. Penelitian ini mengkaji sosial media Instagram yang dilakukan oleh akun @infobaburu dalam kredibilitas informasi seputar buru babi dan efek persepsi yang terjadi pada masyarakat di Sumatera Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kredibilitas Sumber menurut Ohanian dan teori ekologi media McLuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan akun Instagram @infobaburu mengemas informasi seputar baburu babi agar kredibel dengan menggunakan desain komunikasi visual yang menarik serta komunikasi yang interaktif dengan para masyarakat. Posting-an tersebut diterima baik oleh masyarakat serta meningkatkan kepercayaan masyarakat mengenai informasi seputar baburu babi yang faktual. Selain itu ada perbaikan persepsi mengenai olahraga buru babi yang tidak hanya dilakoni oleh pria dewasa saja. Dan juga persepsi mengenai budaya buru babi yang dulunya merupakan kegiatan tradisional sekarang menjadi kegiatan modern yang populer di kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, M.A Annisa Anindya, S.I. Kom, M. Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:00
Last Modified: 18 Jul 2023 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207489

Actions (login required)

View Item View Item