PENGARUH TERAPI BERMAIN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YPPA PADANG TAHUN 2016

FITRIANI, FITRIANI (2017) PENGARUH TERAPI BERMAIN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YPPA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Kesimpulan dan Saran)
BAB 7 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Anak autis mengalami kesulitan dalam berkomunikasi khususnya komunikasi verbal. Ketidakmampuan berkomunikasi ini berdampak buruk bagi anak seperti dapat membuat anak menjadi frustrasi yang mengarah pada penarikan diri dan/atau membentuk perilaku yang buruk.Untuk itu beberapa terapi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak autis diantaranya adalah terapi wicara dan terapi bermain, salah satunya terapi bermain flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain flashcard terhadap kemampuan komunikasi anak autisdi SLB Autisma YPPA Padang pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan desain pra-experiment dengan pendekatan non-equivalen one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 12 orang. Analisis data yang digunakan yaitu Paired T-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi anak autis sebelum intervensi adalah 6.00 dan rata-rata kemampuan komunikasi anak autis setelah intervensi adalah 14.17, dengan nilai P.Value 0,000 (P‹0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam peningkatan kemampuan komunikasi anak autis setelah diberikan terapi bermain flashcard. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada tenaga kesehatan khususnya perawat agar dapat menggunakan terapi bermain flashcard dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak autis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi (komunikasi verbal) anak autis dengan pelaksanaan terapi yang terjadwal dengan baik. Kata Kunci : Terapi bermain flashcard, komunikasi, autis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 24 Jan 2017 07:47
Last Modified: 24 Jan 2017 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item