Komunikasi Interpersonal Antara Orang tua dengan Anak Pasca Daring Dalam Menghadapi Sistem Pembelajaran Tatap Muka (Studi Kasus Pada Orang tua Siswa Kelas 4 SDN 01 Bandar Buat Padang)

Rangga, Al Iqbar (2023) Komunikasi Interpersonal Antara Orang tua dengan Anak Pasca Daring Dalam Menghadapi Sistem Pembelajaran Tatap Muka (Studi Kasus Pada Orang tua Siswa Kelas 4 SDN 01 Bandar Buat Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang kesulitan beradaptasi dalam menghadapi peralihan dari sistem pembelajaran daring ke tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal dan hambatan komunikasi interpersonal orang tua dengan anak pasca daring dalam menghadapi sistem pembelajaran tatap muka. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori interaksi simbolik, dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anak pasca daring dalam menghadapi sistem pembelajaran tatap muka usai wabah Covid-19 meliputi orang tua memerhatikan perkembangan pembelajaran anak dengan membuat aturan untuk kedisiplinan, membimbing untuk belajar di rumah, memberikan hukuman atas pelanggaran yang dilakukan, serta penyampaian pesan konsisten dan berulang. Namun bagi orang tua yang tidak memperhatikan perkembangkan pembelajaran anak, lebih banyak membantu secara penuh tanpa membuat aturan yang begitu ketat, sehingga pada saat menghadapi pembelajaran tatap muka sulit untuk menyesuaikan. Komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anak pasca daring dalam menghadapi sistem pembelajaran tatap muka diliputi dengan berbagai hambatan yang menjadi penghalang keberlangsungan pembelajaran anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Orang tua, Anak, Pembelajaran, Tatap Muka
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 May 2023 08:33
Last Modified: 08 May 2023 08:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202835

Actions (login required)

View Item View Item