Asuhan Keperawatan dengan Cara Demonstrasi Senam Hipertensi Untuk Menurunkan Tekanan Darah pada Dewasa di RW 04 Kelurahan Pisang Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Tahun 2022

Rani, Afdila Pratiwi (2023) Asuhan Keperawatan dengan Cara Demonstrasi Senam Hipertensi Untuk Menurunkan Tekanan Darah pada Dewasa di RW 04 Kelurahan Pisang Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak dan cover)
abstrak.pdf - Published Version

Download (876kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (977kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
KIA RANI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatnya penduduk dewasa dibutuhkan perhatian dari semua pihak dalam mengantisipasi berbagai permasalahan yang ada, terutama pada masalah kesehatan. Permasalahan yang sering terjadi pada dewasa salah satunya penyakit hipertensi,prevalensi yang terjadi di Indonesia sebesar 34,17%. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan hipertensi yaitu dengan cara senam hipertensi. Tujuan diberikannya intervensi keperawatan ini adalah untuk menurunkan tekanan darah pada dewasa yang menderita hipertensi di RW 04 Kelurahan Pisang. Asuhan keperawatan dimulai pada tanggal 26 September – 12 Oktober 2022. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Demosntrasi kesehatan ini diikuti oleh 20 orang dewasa di RW 04, penelitian ini menggunakan pretest-postest. Setelah diberikannya intervensi keperawatan didapatkan hasil terjadi penurunan tekanan darah pada dewasa, yang dibuktikan dari hasil rata-rata tekanan darah dari 20 orang dewasa setelah melakukan senam yaitu tekanan sistol 134 sedangkan diastol 80. Diharapkan masyarakat yang ada di RW 04 terutama dewasa mampu menerapkan senam hipertensi secara rutin. Kata Kunci : Hipertensi, Senam Hipertensi, Dewasa Daftar Pustaka: 42 (2011-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 05 May 2023 07:27
Last Modified: 05 May 2023 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202761

Actions (login required)

View Item View Item