ANALISIS KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM KELOMPOK USAHA NATA DE COCO SEJAHTERA MANDIRI DI NAGARI BALAI BAIAK III KOTO, KECAMATAN IV KOTO AUR MALINTANG, KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Helmy, Gusriani (2023) ANALISIS KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM KELOMPOK USAHA NATA DE COCO SEJAHTERA MANDIRI DI NAGARI BALAI BAIAK III KOTO, KECAMATAN IV KOTO AUR MALINTANG, KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak Helmy Gusriani.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Helmy Gusriani.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan elemen kewirausahaan sosial dalam kelompok usaha Nata De Coco Sejahtera Mandiri dan mendeskripsikan model bisnis kanvas untuk pengembangan kewirausahaan sosial dalam kelompok usaha Nata De Coco Sejahtera Mandiri. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 05 Juli hingga 05 Agustus 2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus (case study). Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk tujuan pertama data dianalisa menggunakan analisa data Model Miles and Huberman dan untuk tujuan kedua dianalisa secara deskriptif kualitatif, kemudian dilakukan penilaian manfaat sosial terhadap program yang dijalankan menggunakan metode Social Return on Investment (SROI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen-elemen kewirausahaan sosial yang diterapkan oleh kelompok usaha Nata De Coco Sejahtera Mandiri adalah nilai sosial, masyarakat sipil, inovasi dan aktivitas ekonomi. Model bisnis kanvas untuk pengembangan kewirausahaan sosial terdiri dari segmentasi pelanggan, nilai proposisi dan nilai sosial, saluran, hubungan pelanggan, aliran pendapatan dan investasi ulang komunitas, kegiatan utama, sumber daya utama, mitra kunci, dan struktur biaya. Berdasarkan penilaian SROI pada kelompok usaha Nata De Coco Sejahtera Mandiri dapat disimpulkan bahwa manfaat sosial yang dihasilkan adalah 1:0,03, artinya kegiatan program belum mampu membentuk dampak keberlanjutan manfaat bagi para stakeholders dan belum dapat menciptakan kemandirian usaha sosial sebelum program berakhir, karena rasio SROI yang dihasilkan kecil dari 1 (<1). Sebaiknya kelompok usaha Nata De Coco Sejahtera Mandiri memaksimalkan pemanfaatan lingkungan dengan mengelola limbah cair dari produksi nata yang dihasilkan, mengurangi kerusakan lingkungan yang dihasilkan dari limbah cair tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ferdhinal Asful, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: kewirausahaan sosial, nata de coco, SROI
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:30
Last Modified: 08 Mar 2023 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200690

Actions (login required)

View Item View Item