Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 (Studi Analisis Deskriptif di SMA Negeri 1 Kota Padang)

SYAFFIGO, MARTHIUS (2023) Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 (Studi Analisis Deskriptif di SMA Negeri 1 Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
Cover & Abstrak.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Syaffigo Marthius Upload fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi media sosial yang berguna untuk pengiriman pesan, gambar, suara bahkan video. Di tengah masa pandemi Covid-19 yang melanda seluruh masyarakat dunia akhirnya menuntut semua orang untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, aplikasi WhatsApp tentunya memiliki manfaat yang signifikan dalam menjalin komunikasi dengan adanya fitur Grup Chat. Maka dari itu, SMA Negeri 1 Padang menjadikan WhatsApp sebagai media penunjang proses kegiatan belajar-mengajar, di samping adanya aplikasi penunjang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi WhatsApp sebagai media komunikasi di SMA Negeri 1 Kota Padang. Serta proses serta hambatan komunikasi dalam pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp di SMA Negeri 1 Kota Padang. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai dan mengobservasi beberapa guru dan siswa di SMA Negeri 1 Kota Padang sehingga diperoleh hasil bahwa WhatsApp menjadi aplikasi yang dipilih sebagai media pembelajaran karena fitur-fitur WhatsApp yang sangat lengkap dan dapat terhubung dengan aplikasi atau media lainnya, di samping itu pemanfaatan WhatsApp dinilai dapat memudahkan kegiatan pembelajaran meskipun berada pada jarak yang jauh. Meski demikian masih ditemukan adanya beberapa hambatan seperti jaringan, miskomunikasi serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru karena kegiatan pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Kata Kunci: Covid-19, media komunikasi, pembelajaran daring, WhatsApp, , SMA Negeri 1 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos, MA
Uncontrolled Keywords: Covid-19, media komunikasi, pembelajaran daring, WhatsApp, , SMA Negeri 1 Kota Padang.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:18
Last Modified: 08 Mar 2023 04:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200438

Actions (login required)

View Item View Item