Rini, Dwita Sari (2016) Pengaruh self control terhadap disiplin tata tertib pada siswa SMA N A. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
halaman abstract & abstrak.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
skripsi utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Disiplin merupakan kondisi yang tercipta melalui serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban. Adanya disiplin diharapkan siswa dapat mendisiplinkan diri dalam mentaati peraturan sekolah, sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar, memudahkan pencapaian tujuan pendidikan, menciptakan siswa yang tidak hanya berprestasi di bidang akademik namun juga berakhlak. Namun, pada kenyataannya masih terdapat siswa SMAN A yang melanggar disiplin. Salah satu penyebabnya adalah siswa merasa berat untuk menjalankan tata tertib. Pada hakikatnya kedisiplinan bukan hanya merupakan kepatuhan yang dipaksakan dari luar, melainkan juga kemampuan self-control yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self-control terhadap disiplin pada siswa SMAN A. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data didapatkan dari 304 orang siswa SMAN A yang terpilih sebagai subjek dengan metode proportioned stratified random sampling. Skala yang digunakan adalah skala self-control dari Tangney, Baumeister, dan Boone (2004), yang tertidiri dari 30 item dengan reliabilitas 0,90. Sedangkan, skala kedisiplinan dibuat sendiri oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Prijodarminto (1994), terdiri dari 39 item dengan reliabilitas 0,89. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh self-control terhadap disiplin tata tertib pada siswa SMAN A. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi ini membuktikan bahwa self-control berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin tata tertib pada siswa SMAN A. Sedangkan R2 sebesar 0,23 menunjukkan bahwa self-control mempengaruhi disiplin sebesar 23%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:55 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
View Item |